Yasonna Laoly Ke Batulicin,Pembangunan Lapas Dilanjutkan

0
190
Batulicin,WTol – Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) RI, Yasonna Laoly mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batulicin,Jum,’at (7/2/20) siang.
Tiba di Lapas Batulicin,Yasonna Laoly yang didampingi Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dan Anggota DPR RI Syafruddin H Maming,langsung meninjau sejumlah bangunan Lapas yang berlokasi di Desa Saring Sei Binjai Kecamatan Kusan Hilir tersebut.
Disampaikan Yasonna,bahwa kunjungannya ke Lapas Batulicin dikhususkan untuk melihat sampai sejauh mana perkembangan pembangunan lapas .
Yasonna juga mengakui bahwa kondisi kapasitas lapas di Kalsel sudah tidak ideal. Ia menyebutkan persoalan over kapasitas ini tidak hanya terjadi di kalsel,tapi hampir di seluruh Indonesia.
“Kondisinya sudah sangat mengerikan sekali,Lapas Kotabaru dihuni 890 tahanan,yang idealnya hanya sanggup menampung 180 orang,”ujar Yasonna kepada awak media,Jum’at (7/2/20)
Untuk itu Yasonna meminta agar bersama sama Pemerintah daerah mempercepat penyelesaian pembangunan lembaga pemasyarakatan ini.
” Tadi saya sudah berbicara sama bupati untuk bersama sama menyelesaikan bangunan Lapas ini,karena kalau semua pemerintah pusat anggaran APBN juga terbatas,” katanya
Yosanna mengatakan dibeberapa daerah  bentuk kerjasama hibah pemerintah daerah telah sering dilakukan demi percepatan penyelesaim pembanguan Lapas.
” Kalau dikirim ke LP Kotabaru katanya jaraknya terlalu jauh tentu biayanya juga lebih tinggi,belum lagi resiko lainnya,” ucap Yasonna
Karena itu dirinya mendorong Pemerintah daerah bersama Pemerintah pusat dalam percepatan penyelesaian Lapas Batulicin tersebut.
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batulicin saat ini tengah dalam penyelesaian beberapa bangunan. Saat ini telah terbangun Bangunan mushola, dapur umum,dan bangunan blok tahanan Lapas dengan kapasitas 60 orang setiap blok.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here