Wow,Merokok Di Masjid Ini Bisa Kena Denda Hingga 50 Juta Rupiah

0
794

Batulicin,WTOL – Masjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi,Batulicin yang terletak di kawasan perkantoran Pemerintah daerah adalah salah satu tempat umum yang masuk dalam kawasan bebas rokok, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2017 Tentang kawasan bebas rokok.

Masyarakat yang datang kemasjid Ini, baik untuk beribadah seperti shalat lima waktu ataupun melakukan kegiatan keagamaan lainnya,maka diharuskan mematuhi peraturan kawasan bebas
rokok ini.

Masuknya Masjid Agung Nurussalam Batulicin ini sebagai kawasan bebas rokok bertujuan untuk menekan para perokok agar tidak merokok disembarang tempat termasuk dikawasan masjid,sekaligus menciptakan udara yang bersih dan segar tanpa asap rokok dikawasan masjid

Selain kawasan tempat ibadah, beberapa kawasan bebas rokok yang diatur dalam perda ini diantaranya fasilitas sekolah,tempat bermain anak,tempat pelayanan kesehatan,angkutan umum, dan tempat kerja atau kantor.

Lalu apa sanksi bagi mereka yang dengan sengaja melanggar perda kawasan bebas rokok tersebut.

Di Perda ini disebutkan,setiap orang yang merokok di Kawasan Tanpa Rokok dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) Bulan atau pidana denda paling banyak Rp.25 Juta.

Disebutkan juga, bahwa setiap orang atau badan mempromosikan, mengiklankan, menjualkan dan atau membeli rokok di Kawasan Tanpa Rokok dipidana dengan pidana denda paling banyak 50 Juta rupiah.

Perda kawasan bebas rokok ini bukanlah peraturan yang melarang orang untuk merokok,namun lebih agar masyarakat bisa sadar akan bahaya dan dampak merokok baik bagi peroknya sendiri maupun orang lain dan lingkungan sekitar.

Al/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here