Warga Mattone Terkena DBD, Aparat Desa dan Tim Damkar Grebek Sarang Nyamuk.

0
193

Batulicin,WTol –
Rizal bin Kamil,remaja 17 tahun,warga RT 01 Desa Mattone Kampung Baru,Kecamatan Kusan Hikir terpaksa dilarikan ke RSUD A Abd Rahman Noor Tanah Bumbu, pada Kamis (30/1/20) karena diduga terkena Demam Berdarah.
Kepala Desa Mattone Kampung Baru,Andi Satria Jaya,mengatakan, kejadian yang menimpa salah satu warganya tersebut kemungkinan karena banyaknya sarang nyamuk di sekitar pemukiman warga di musim penghujan ini.
“Hasil tim survey kesehatan Puskesmas Perawatan Pagatan memang ditemukan banyak jentik jentik disekitar lingkungan diantaranya di sekitar permukiman warga seperti penampungan air WC umum biogas,”katanya
Tak ingin korban DBD bertambah lagi,aparat Desa Mattone dibantu Tim Damkar Kusan Hilir langsung bergerak cepat melakukan kerja bakti memberisihkan lingkungan rumah warga disekitarnya, Sabtu (01/02/20)
Koordinator Damkar Kusan Hilir, Alwi Pola yang turut mengerahkan anggotanya pada kerjabakti bersih bersih lingkungan ini mengatakan kegiatan tersebut sudah rutin dilakukan melalui kegiatan sosial kerja bakti bersama pihak kecamatan Kusan Hilir untuk ikut bergotong royong.
Kepala Desa Mattone Andi Satria Jaya mengimbau seluruh warga untuk membersihkan lingkungannya masing-masing untuk mencegah merebaknya wabah demam berdarah dan penyakit lain yang menjangkiti pada musim hujan ini.
” Kita juga meminta petugas kebersihan agar truk sampah bisa mengangkut sampah setiap hari, karena banyak laporan warga truk sampak tidak terangkut setiap hari,sehingga sampah menumpuk dan berbau bahkan berterbangan kembali,” terangnya

Penyakit demam berdarah kerap muncul pada setiap musim penghujan penyebabnya selain karena buruknya sanitasi lingkungan sehingga nyamuk penyebar penyakit demam berdarah dapat membuat sarang juga kesadaran masyarkat menjaga kebersihan lingkungan.
Data terakhir dari RSUD A Abd Rahman Noor Tanah Bumbu,menyebuykan hingga pekan ketiga Januari 2020 jumlah pasien DBD sebanyak 43 pasien dimana satu diantaranya adalah bayi berumur 8 bulan.

Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here