Warga Kembangkan Budidaya Jamur Tiram.

0
48
Batulicin,WTol – Warga di sekitar lingkar tambang PT BIB mengembangkan budidaya jamur tiram.
Sebelumnya mereka telah mengikuti pelatihan budidaya jamur yang diberikan PT BIB bekerjasama dengan Prima Kelola Istitut Pertanian Bogor (IPB) dari tanggal 13 – 14 september 2019.
“Kita bekerjasama dengan tim ahli jamur dari IPB dan biotrop sebagai pemateri selama 2 hari pelatihan,”jelas Dindin Makinudin,selaku CSR dan Eksternal Relation Head PT BIB saat membuka pelatihan.
Peserta pelatihan berjumlah 20 orang merupakan warga dari desa dikawasan ring satu perusahaan.
Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarkat sekitar melalui usaha budidaya jamur
Dalam pelatihan ini peserta diajarkan teori dan praktek pembuatan jamur tiram, mulai dari pembuatan baglog,peserta juga  diajak langsung turun kelokasi salah satu rumah petani jamur untuk melihat proses pembuatan dari awal sampai dengan panen.
” Harapan perusahaan dengan adanya kegiatan ini para peserta dapat mengembangkan budidaya jamur yang hasilnya bisa dikonsumsi sendiri atau juga dijual untuk menambah penghasilan keluarga,”tambah Dindin
Selain budidaya jamur, para peserta juga diajarkan produk turunan dari jamur tiram seperti nugget, bakso dan cemilan.
Dindin mengungkapkan,pelatihan ini merupakan awal dari program pasca tambang yang telah di inisiasi sejak tahun 2019 ini yang bekerjasama dengan prima kelola IPB.
Melalui CSR PT Borneo Indobara membentuk Community Learning Center (CLC) dengan konsep integrated farming system dimana budidaya jamur ini merupakan salah satu bagian yang dikembangkan di CLC tersebut.
” Kedepan CLC ini akan dbuka untuk masyarakat yang ingin belajar mengenai pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan.Saat ini CLC masih dalam tahap konstruksi dan pembenahan, diharapkan tahun 2020 sudah bisa dibuka untuk umum,”erangnya.
Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini  merupakan pelatihan pertama yang dilakukan, dimana akan diadakan pelatihan tahap kedua dan proses pembinaan masyarakat atas budidaya jamur ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here