Wabup M Rusli Hadiri Launching ‘Tepi Pantai’ Nelayan Tanbu

0
57
Batulicin,wartatanbu.co.id – Wakil Bupati (Wabup) Tanah Bumbu, H M Rusli menghadiri peluncuran program Tempat Pelelangan Ikan Terpadu dan Terintegrasi (TEPI PANTAI), Kamis (23/6/22), di Aula Kantor Dinas Perikanan Tanbu.
Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu Yulian Herawati, S.E, M.M,menyampaikan, Tepi Pantai merupakan program yang mengintegrasikan transaksi perikanan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dengan sejumlah layanan yang bertujuan memberikan kemudahan kepada nelayan.
“TPI akan terintegrasi dengan layanan pembuatan Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP),Kartu KUSUKA,BPJS Ketenagakerjaan,BPJS Kesehatan dan juga pembuatan dokumen kependudukan,” ujar Yulian.
Tempat Pelelangan Ikan Terintegrasi ini akan ada di TPI Batulicin, TPI Setarap Kecamatan Satui dan TPI Mudalang di Kecamatan Kusan Hilir yang dalam proses pembangunan.
“Harapan kita kedepan, layanan Kartu Kusuka ini akan dapat terintegrasi dengan layanan perbankan sehingga kartu ini bisa berfungsi sebagai kartu ATM nelayan,” pungkas julian.
Sementara itu,Wakil bupati dalam sambutannya menyampaikan, program Tempat Pelelangan Ikan Terpadu dan Terintegrasi (TEPI PANTAI) oleh Dinas Perikanan Tanah Bumbu ini dalam upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.
” Pemerintah daerah, sangat menyadari bahwa pentingnya peningkatkan kualitas birokrasi yang responsif, terutama melalui optimalisasi aparatur dengan berbagai inovasi, dan salah satunya melalui proyek perubahan Tempat Pelelangan Ikan Terpadu dan Terintegrasi atau TEPI PANTAI ini,” ujara Wabup.
Hadirnya ‘TEPI PANTAI’ lanjut Wabup adalah suatu fasilitas yang mempermudah nelayan atau pembudidaya tangkapannya ikan untuk memasarkan hasil tangkapnnya.
“Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan Nelayan dan pelaku usaha disekitar tempat pelelangan ikan sekaligus mampu meningkatkan dari sektor perikanan penerimaan asli daerah,”tambahnya.
Wabup berharap program ini dapat terus dikembangkan, dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan geliat pertumbuhan ekonomi daerah.
Dalam kesempatan ini diserahkan secara simbolis kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan dan pembudidaya di Kecamatan Simpang Empat, Batulicin dan Desa Setarap Kecamatan Satui.yang merupakan program CSR Perusahaan Jhonlin Grup.
Tepi Pantai merupakan Proyek Perubahan PKN Tk. II Angkatan V Tahun 2022 Kepala Dinas Perikanan Tanbu Diklat PIM 2, di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Makassar.
Peluncuran proyek perubahan ‘Tepi Pantai’ turut dihadiri juga Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batulicin, Pimpinan Bank Kalsel, perwakilan perusahaan Jhonlin Group dan Kepala desa.(Wtol).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here