Wabup M.Rusli : BPD Dan Kades Harus Jadi Mitra Kuat

0
182
Batulicin,wartatanbu.co.id – Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli menegaskan, sebagai unsur pemerintahan desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus membangun  kemitraan dengan kepala desa.
Dengan kemitraan itu menurut Wabup, akan terbangun komunikasi yang harmonis dan sinergitas dengan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi.
BPD dan Kades juga dituntut selalau mampu meningkatan kerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan terkait pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di desa.
Penegasakn itu disampaikan Muhammad Rusli seusai melantik Pengganti Antar Waktu (PAW) BPD Jombang dan Al-Kautsar di Panggung Camat Satui, Selasa, (9/3/21)
Untuk itu Wakil Bupati Tanah Bumbu yang baru dilantik pada akhir Februari lalu itu menegaskan membangun daerah bukan hanya semangat kerja keras saja yang harus dimiliki, akan tetapi rasa kebersamaan, sinergisitas dan semangat kegotong-royongan harus selalu menyertai dalam setiap pelaksanaan tata kelola pemerintahan desa.
” Dengan demikian desa dapat berjalan dinamis dan berorientasi pada pelayanan masyarakat, terlebih mampu menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan.,” tambah Wabup
Menyinggung soal Dana Desa, Rusli menyampaikan,melalui kebijakan Alokasi Dana Desa hendaknya dapat dikelola sesuai prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan desa, sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan dan akuntabel dalam penggunaannya sesuai ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
Pelantikan PAW BPD Al-Kautsar menetapkan M. Abdul Razak sebagai Wakil Ketua periode 2017-2023 serta Sunarti menjadi anggota PAW BPD Jombang untuk periode 2019-2025.
Turut hadir juga dalam acara tersebut jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu yang diwakili Kabid Penyelengaraan Pemerintahan Desa, Ichsan Shirazi, Kasi Peningkatan Aparatur dan Perkembangan Desa, Amirullah, Kasi Pemerintahan Kecamatan Satui, Muspika Satui, Kepala Desa serta seluruh anggota BPD se-Kecamatan Satui.
*Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here