(Video) Bupati Tutup Pelatihan Basic Safety Training (BST) dan Sertifikasi Kecakapan Kapal (SKK) Nelayan

0
140
Batulicin, wtol – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor menutup Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training (BST) dan Sertifikasi Kecakapan Kapal (SKK) 30-60 mil bertempat di Aula Kodim 1022 Tanah Bumbu Kamis, (25/04/2019).
Adapun diklat itu diikuti sebanyak 250 peserta yang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Kotabaru dan dimulai sejak tanggal 21 hingga 25 April 2019.
Kegiatan diklat ini merupakan kerjasama Poltek Pelayaran Surabaya dengan KSOP Kelas III Batulicin Kotabaru dan Dinas perhubungan Tanah Bumbu.
Kepala Dinas Perhubungan Tanah Bumbu MP Wisnu Wardhana mengatakan, kegiatan diklat ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para nelayan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dan Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya.
Wisnu menambahkan, diklat ini merupakan pelatihan basic training safety atau teknik keselamatan dasar yang sangat bermanfaat bagi para nelayan dalam upaya bagaimana mengutamakan keselamatan para nelayan saat melaut.
“Direncanakan setelah lebaran nanti, kami akan mengelar kembali diklat yang sama untuk gelombang kedua,” ujarnya.
IMG-20190425-WA0006
Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya mengatakan, dengan ditutupnya Diklat Basic Training Safety (BST) hendaknya dapat meningkatkan kapasitas dan profesionalitas peserta diklat, terutama pengetahuan tentang keselamatan kapal, tatacara berlayar, bernavigasi di laut dan lebih sigap ketika terjadi kebakaran di kapal.
“Dengan diklat ini para nelayan mampu menciptakan pelayaran yang aman, selamat, tertib dan nyaman bagi dirinya maupun orang lain, khususnya bagi pelayaran yang memanfaatkan potensi kemaritiman,” ujarnya.
Oleh karena itu, kami sangat berharap penyelenggaraan diklat Pemberdayaan Masyarakat ini, harus terus ditingkatkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.
Sudian Noor menambahkan sebab animo peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan diklat ini cukup besar, terbukti yang ikut sebanyak 852 peserta, berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Kotabaru, namun yang dinyatakan lolos seleksi, hanya sebanyak 250 orang.
Acara penutupan diklat Basic Training Safety ini ditandai dengan pelepasan pin peserta, pemberian sertifikat dan pemasangan jaket pelampung oleh Bupati kepada peserta diklat.
Turut berhadir pada acara tersebut Bupati Tanah Bumbu, Kepala Poltek Pelayaran Surabaya, Kepala KSOP Kelas III Batulicin Kotabaru, Pimpinan Pelindo III Surabaya Cabang Batulicin, Asisten Bidang Administrasi Umum, Staf Ahli, Danlanal, Polres, Kepala Dinas Perhubungan dan seluruh peserta diklat.
Iwn/wtol/mc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here