UMKM di Tanbu Akan Digratiskan Pengurusan Izin Edar BPOM

0
228
Batulicin,wartatanbu.co.id – Salah satu upaya Pemkab Tanah Bumbu untuk mendorong pertumbuhan UMKM di daerah ini yakni pemberian perizinan gratis.
Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab Tanbu memberikan gratis izin bagi seribu pelaku UMKM.
” Ini salah satu konsep unggulan kita di tahun 2021 ini berupa gratis izin bagi seribu pelaku UMKM,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tanah Bumbu, Andrianto Wicaksono
Menurut Wicaksono, pemberian izin gratis di DPMPTS memang telah sejak lama dilakukan, namun izin yang dimaksud ini adalah gratis menyelesaikan prosesnya ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) hingga masuk ke laboratorium.
“Secara kalkulasi biaya proses perizinan itu berkisar Rp 7-9 juta per UKM, jumlah itu cukup besar bagi pelaku UMKM,”imbuhnya
Karena itu lanjutnya lagi, pihaknya mengambil langkah tersebut dengan tujuan memajukan dan meningkatkan produk UMKM agar bisa masuk ke toko-toko modern bahkan ke luar daerah.
” UMKM memerlukan izin Badan POM untuk sertifikasi usaha dan hasil uji laboratorium produk agar bisa ikut bersaing,” bebernya seraya menambahkan realisasi konsep unggulan itu masih dalam tahap administrasi dan laporannya sudah sampai ke pimpinan daerah.
Untuk mendukung konsep tersebut,pihaknya juga akan melibatkan kerjasama lintas SKPD seperti data pelaku UMKM yang masih aktif dan produktif dari Disnakertranskop dan UM serta uji laboratorium melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu.
Andrianto optimis program ini dapat berjalan sesuai harapan sehingga para pelaku UMKM di Tanah Bumbu dapat terus maju dan berkembang.
*Zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here