Tumbuhkan Budaya Gemar Membaca, Kepala Perpustakaan Nasional RI Kunjungi Tanah Bumbu

0
501

Tanah Bumbu -Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melaksanakan Safari Gerakan Pembudayaan Gemar Membaca di Kabupaten Tanah Bumbu,Kamis (26/7) Gerakan ini dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Kedatangan rombongan Kepala Perpustakaan Nasional RI tersebut disambut dengan pengalungan bunga oleh dua siswa sekolah dasar, rombongan disambut langsung oleh Sekertaris Daerah Tanah Bumbu,Roswandi Salem,S.Sos,MM didampingi Anggota DPRD Kalimantan Selatan Syafruddin H.Maming , Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu,Hasanuddin,S.Ag dan Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tanah Bumbu, Ir Mariani, MP

Kepala Perpustakaan Nasional RI,M. Syarif Bando dan rombongan langsung menuju stand pameran buku yang menampilkan buku buku karya penulis Tanah Bumbu.

“Membaca buku sastra itu secara tidak langsung memberi pengaruh positif kepada pembacanya, yang berkorelasi pada terbentuknya sikap dan perilaku sesorang,” ujar Syarif ,mengomentari salah satu judul buku hasil karya penulis Tanah Bumbu di Stand pameran buku Gedung Mahligai Bersujud.

Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca ini di laksanakan di Aula Bersujud Kapet Batulicin dengan mengundang para siswa, guru PAUD .SD, SMP dan SMA Selain itu dihadiri juga para penulis Tanah Bumbu,Kepala SKPD dan sejumlah organisasi dan pengelola perpustakaan.

Pada acara tersebut, juga dilakukan dialog tentang upaya minat baca dengan kepala perpustakaan nasional, penulis dan anggota DPRD Tanah Bumbu.

Kepala Perpustakaan Nasional RI , M. Syarif Bando mengatakan,saat ini budaya membaca yang merupakan kebiasaan yang baik mulai ditinggalkan. Munculnya berbagai teknologi saat ini seakan dapat menggantikan peranan buku. Begitupula bagi anak-anak, budaya membaca saat ini sudah tergantikan dengan
Kemunculan gadget yang berisi konten konten yang tidak jarang menjauhkan anak dari budaya membaca.

“Kita tidak boleh lagi melek teknologi, zaman digital saat ini semakin memudahkan untuk mengakses ribuan judul buka sekaligus secara gratis,” katanya

Lebih jauh dikatakan,Sejarah Kabupaten Tanah Bumbu tidak mungkin di tulis oleh penulis dari luar Tanah Bumbu,ini menjadi tantangan pemerintah daerah untuk melahirkan penulis penulis handal yang akan mencatatkan sejarah daerahnya sendiri,

Sementara itu Plt Bupati Tanah Bumbu yang diwakili Sekertaris daerah dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan membaca dari lingkungan terkecil di rumah masing-masing, di sekolah, perkantoran, dan diberbagai kesempatan.

” Untuk membangkitkan minat baca masyarakat di Tanah Bumbu tidak cukup dengan tersedianya sumber bacaan dengan segala kemudahan akses namun juga perlu selalu ada inovasi baru untuk membangkitkan budaya gemar membaca ini , salah satunya dengan hadirnya bunda baca sebagai model gemar membaca bagi anak sejak dini,” ucapnya.

Sekda juga menambahkan,saat ini pemerintah daerah telah menyiapkan lahan untuk pembangunan perpustakaan daerah,mudah mudahan segera terbangun dengan dukungan dari Perpustakaan Nasional.

Syafruddin H maming menyerahkan Hibah Buku 37 Masalah Populer

Dalam kesempatan ini dilakukan Pengukuhan bunda baca Kabupaten Tanah Bumbu,oleh Kepala Perpustakaan Nasional M Syarif Bando kepada Hj Sadariah Sudian Noor.Dengan dikukuhkannya sebagai Bunda baca ini dapat menjadi model sebagai daya dorong kuat membangkitkan budaya gemar membaca sejak dini di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam kesempatan ini juga di serahkan hibah buku 37 Masalah Populer Karangan Ustad Abd Somd, LC,MA yang merupakan hibah dari Bapak Mardani H.Maming Kepada Perpustakaan Daerah Tanbu, yang diserahkan Anggota DPRD Kalsel Syafruddin H.Maming kepada Kepala Kantor Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Tanah Bumbu, Ir.Mahriani,MP

Penyelenggaraan Safari Gerakan Nasional Budaya Gemar Membaca diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan desa, taman bacaan, serta masyarakat dalam peran sertanya mengembangkan perpustakaan di tempatnya masing masing.

Al/wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here