Tuan Rumah Aruh Sastra Kalsel XVI 2019,Tanbu Matangkan Persiapan

0
123
Batulicin,WTol- Perhelatan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVI pada November 2019 mendatang akan diselenggarakan di Kabupaten Tanah Bumbu sebagai tuan rumah event kebudayaan tersebut.
Sebagai tuan rumah,saat ini pihak panitia tengah merampungkan sejumlah persiapan, satu diantara nya adalah penetapan lokasi tempat pelaksanaan event tersebut.

Baca Juga : Pegawai Pemkab Khatamal Qur’an Peringati 1 Muharram 1441 H

Setidaknya ada 2 pilihan lokasi yang di usulkan yakni Kota Pagatan,Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Simpang Empat.
“Belum ada penetapan,kalau untuk di Kota Pagatan akan dipusatkan di Panggung Utama Pesta Pantai dan di Gedung 7 Februari acara indoornya,”terang Kabid Kebudayaan Disdikbud Tanah Bumbu, Muhammad Rafii,Senin (02/09/19)
Pilihan kedua,katanya di Simpang Empat yang akan di fokuskan di Taman Edukasi untuk acara outdoor dandi Mahligai Bersujud Kapet.
Untuk perhelatan event tersebut Pemkab Tambu melalui Dinas Pedidikan dan Kebudayaan telah menganggarkan dana yang telah disetujui berdasarkan usulan perubahan sekitar Rp 420 juta.
Panitia penyelenggara juga akan menghadirkan para seniman dari seluruh wilayah Kalimantan Selatan dan sastrawan bertaraf nasional.
” Sejauh ini baru KH. Jawawi Imron dari Sumenep Jawa Timur yang sudah memastikan hadir,sementara dua sastrawan nasional lainnya masih dalam tahap koordinasi,” terangnya.
Baca Juga : Bupati Ajak Generasi Milenial Tanbu Jadi Wirausahawan Baru
Dalam kegiatan tersebut nantinya akan digelar juga beberapa jenis lomba yang telah ditetapkan yakni lomba cipta puisi kategori pelajar SLTP dan SLTA, cipta cerpen kategori umum, musikalisasi puisi kategori umum dan japin carita.
“Jenis lomba masih mungkin bisa bertambah sesuai situasi dan kondisi,”imbuhnya
Perhelatan Event aruh sastra ini bertujuab untuk meningkatkan motivasi dan minat baca terhadap buku karya sastrawan kalimantan selatan, selain juga untuk meningkatkan daya apresiasi masyarakat terhadap karya sastra, menjalin silaturahmi, komunikasi dan kerjasama antara seniman.
*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here