TP PKK Tanbu Wakili Kalsel Pada Lomba Menu Balita Serba Ikan Nasional

0
87
Batulicin,wartatanbu.co.id – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Bumbu,mewakili Provinsi Kalimantan Selatan pada lomba menu balita tingkat nasional di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.
Dalam lomba tersebut, TP PKK Tanbu menyajikan inovasi baru berupa menu makanan serba ikan untuk balita (bayi lima tahun). Menariknya lagi,menu itu juga memanfaatkan kulit buah semangka sebagai bahan tambahan.
Farida,selaku koki tim TP PKK Kecamatan Batulicin saat mewakili Provinsi Kalimantan Selatan lomba pada tingkat nasional itu mengungkapkan,penggunaan kulit semangka membuktikan bahwa kulit semangka yang biasanya terbuang, ternyata masih bisa dimanfaatkan.
“Kulit semangka juga mengandung banyak gizi dan memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terutama bagi balita,”terang Farida dikutip RSB.
Farida mengatakan, ia bersama dengan tim menyajikan menu sop kulit semangka ikan kerapu saat lomba menu balita tingkat nasional yang telah berlangsung pada Minggu (20/11/22).
Komposisi ikan lebih dominan dibandingkan dengan bahan yang lain, dan dalam hal ini tim dari Kabupaten Tanah Bumbu memilih menggunakan ikan jenis kerapu.
“Iklan kerapu dipilih karena mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak sehingga dapat meningkatkan daya berpikir dan mengingat anak balita,” tegasnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu Dahliansyah melalui Kabid Pengelolaan dan Pemasaran Ikan Gafur menambahkan bahwa ikan tersebut bisa diganti dengan jenis ikan lainnya seperti tenggiri, lele, patin, maupun yang lainnya.
Serta penggunaan ikan sebagai bahan makanan juga sangat berpengaruh penting dalam menunjang gizi balita sebab asupan gizi dan vitamin yang terkandung pada ikan sangat bagus untuk dikonsumsi, jadi gizi balita dapat tercukupi dengan baik dan pencegahan kasus stunting pada anak dapat dilakukan.
Kedepannya, Farida bersama tim yang saat itu juga didampingi oleh Ketua Pokja 3 TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu dan Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemasaran Ikan Dinas Perikanan Tanah Bumbu akan terus bersinergi dengan mengajarkan cara memasak menu tersebut ke posyandu untuk menekan kasus stunting khususnya di Bumi Bersujud.(ft/ds/wtol).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here