TP PKK Satui Wakili Tanbu di Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi

0
191

Tanah Bumbu – TP PKK Kecamatan Satui sebagai pemenang Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten berhak mewakili Kabupaten Tanah Bumbu di lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Gedung Bina Satria Banjarbaru pada Selasa, 24 Juli 2018.

Menurut panitia pelaksana, lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama kader-kader PKK akan variasi menu B2SA yang dapat diolah dan dimasak sehari-harinya untuk keluarga. Menu-menu ini dapat memanfaatkan sayur-sayuran lokal hasil olah pekarangan masing-masing.

Lomba kali ini diikuti oleh perwakilan 12 kab/kota yang ada di Kalimantan Selatan. Hidangan yang disajikan berupa menu lengkap makan dari menu sarapan, makan siang hingga makan malam. Tetapi khusus untuk menu sarapan dilakukan masak ditempat oleh 2 (dua) orang anggota PKK dengan waktu 60 menit.

Pemenang kali ini akan mewakili Kalimantan Selatan ke lomba tingkat nasional di Banjarbaru pada bulan Oktober nanti, yang bertepatan dengan Peringatan Hari Pangan Sedunia.

Kadis Ketahanan Provinsi Kalimantan Selatan H. Suparno menyampaikan dalam sambutannya bahwa lomba kali ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar Dinas Ketahanan Pangan Daerah dan TP PKK Kab/Kota se-Kalsel.

Menurutnya, kebutuhan pangan bagi masyarakat wajib tersedia namun tidak hanya tersedia saja tapi juga harus terjangkau dan aman untuk dikonsumsi.

“Sajikanlah makanan-makanan yang bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti pestisida. Penggunaan sayuran dan bahan makanan organik dapat menurunkan persentase terjadinya Stunting (kerdil) pada anak,” sebutnya.

Hadir pada Lomba Cipta Menu rombongan dari Tanbu diantaranya Kepala Dinas Ketahanan Pangan H Rahmat, Plt Ketua TP PKK Tanbu Hj Sadariah, Ketua DWP Tanbu Mulyawati, Pengurus PKK Kabupaten dan PKK Kecamatan. (Rel/MC.Tanbu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here