Tingkatkan Pelayanan,Disdukcapil Tanbu Target Sertifikasi ISO 9001:2015

0
176
Foto : Plt Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariadi
Batulicin – Untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM),Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu tengah mengikuti program Sertifikasi ISO 9001 versi tahun 2015.
“Sertifikasi ISO 9001:2015 mengarah pada pelayanan yang terkait sarana prasarana dan pelayanan transparan, dengan menggunakan 3 tahap yakni tahap konsepsi, regulasi dan implementasi,”terang Plt Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariadi,di Batuliicn (27/7/21)
Gento menjelaskan, terkait konsepsi dijabarkan dalam hal sarana prasarana yang memenuhi dan terdapat SOP, kemudian terdapat regulasi atau dasar hukum layanan yang meliputi Perda, Permendagri, dan sebagainya.
Selanjutnya terkait tahap implementasi Gento mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan upaya maksimal untuk memenuhi sektor pelayanan publik yang menuntut untuk memberikan indeks kepuasan masyarakat.
Selain 3 tahapan tersebut, dalam pencapaian Program Sertifikasi ISO 9001:2015 juga memiliki tahapan-tahapan yang dilakukan berdasarkan kerjasama dengan PT Sucofindo yang memberikan bimtek kepada 15 pegawai terpilih dari setiap bidang di Dusdukpencapil Tanah Bumbu.
“Saat ini mereka telah mengikuti tahap kedua yakni training sebagai auditor selama 5 hari yang dari masing-masing bidang tersebut akan mengaudit internalnya untuk mengetahui kekurangan dalam masing-masing bidang,” imbuhnya
Kerjasama tersebut berlangsung hingga akhir tahun anggaran yang meliputi tahap awareness, auditor, auditor internal, evaluasi, monitoring hingga pada tahap sertifikasi.
Gento juga mengungkapkan, saat ini Disdukpencapil berupaya untuk meningkatkan kualitas yang sebelumnya telah berupaya meningkatkan kuantitas (angka) yang secara jumlah telah meraih berbagai prestasi yakni KIA tertinggi dan cakupan dokumen kepemilikan kependudukan tertinggi di tingkat provinsi dan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tingkat nasional serta memiliki 8 inovasi.
Target selanjutnya lanjut Gento adalah menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan beberapa indikator yang harus dipenuhi meskipin tahun lalu, ketika Tanah Bumbu mengikuti seleksi WBBM belum mendapatkan hasil maksimal, tentu sebagai bahan evaluasi untuk upaya pencapaian selanjutnya.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here