Tim Survey Kemendagri Usulkan Ibu Kota Kecamatan Baru Dekat Pemukiman Dan Pasar.

0
175
Batulicin,WTol – Ekspose Hasil survey dan verifikasi lapangan kecamatan pemekaran berlangsung di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jum’at (27/12/19)
Ekspose tersebut dihadiri langsung Wabup H Ready Kambo dan Sekretaris Daerah Tanbu H Rooswandi Salem, Camat dan Kepala Desa.
Sebelumnya rencana pemekaran dua kecamatan di Tanah Bumbu ini telah bergulir sejak 2012 lalu,namun adanya moratorium terkait pemekaran tersebut baru dilanjutkan tahun ini.
Dua kecamatan baru tersebut adalah Kecamatan Kusan Tengah yang merupakan hasil pemekaran Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Teluk Kepayang yang sebelumnya masuk Kecamatan Kusan Hulu.
Untuk Kecamatan Teluk Kepayang terdiri dari 10 Desa, yakni Desa Teluk Kepayanf,Desa Batu Bulan,Desa Tamuni, Desa Dadap Kusan Raya,Desa Guntung, Desa Tapus, Mangkalapi dan Desa Hatiif serta Desa Timbarau Panjang.
Sementara Kecamatan Kusan Tengah terdiri dari 13 Desa, Yakni Desa Saring S Bubu, Desa Pulau Tanjung,Desa Batarang, Desa Manurung,Desa Sepunggur, Desa Pakatellu,Desa Saring S Binjai, Sardangan, Desa Mekar Jaya,Desa Karya Bakti dan Desa Api api.
Hasil survey dan verifikasi lapangan pemekaran dua Kecamatan di Tanah Bumbu disampaikan Tim Kementerian dalam negeri ( Kemendagri) yakni Direktur Topinimi dan Batas Daerah, Indra Gunawan,SE , MPA dan Direktur Deskonsentrasi, Tugas Pembantuan dan kerjasama,Sugiarto, SE,MSI beserta Tim.
Direktur Deskonsentrasi, Tugas Pembantuan dan kerjasama,Sugiarto, SE,MSI memaparkan,bahwa tujuan pemekaran oleh Pemerintah Kab Tanah Bumbu dalam rangka menjalankan prinsip percepatan pelayanan, pemerataan pembangunan dan peningkatan ekonomi.
” Pertimbangan keamanan juga menjadi urgensi dilakukannya pemekaran mengingat luasnya dua kecamatan yang akan dimekarkan,”jelasnya
Dalam kesempatan ini ia juga agar Ibukota Kecamatan harus dibangun dekat pemukiman warga dan pasar sebagai aktifitaa ekonomi masyarakat.
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya disampaikan Sekda Tanbu, Rooswandi Salem menyampaikan, Pemerintah Kab Tanbu berharap hasil survey dan verifikasi lapangan dari Tim Kemendagri dapat memenuhi syarat pembentukan Kecamatan baru.
” Besar harapan kami dua Kecamatan baru yakni Kecamatan Kusan Tengah dan Teluk Kepayang memenuhi syarat menjadi kecamatan,” ucapnya
Tujuan pemekaran kecamatan tersebut menurut sekda tidak lain bertujuan memberikan palananan terbaik bagi masyakat.
” Tujuannya bagaimana agar masyakat terlayani dengan baik dan proporsional,” tutupnya.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here