Tim Reaksi Cepat Gugus Tugas Covid-19 Cegah Virus Masuk Ke Desa

0
73
Batulicin,WTol –  Menindaklanjuti  instruksi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pencegahan, pengendalian dan penanganan COVID-19,Tim Reaksi Cepat Gugus Tugas Kecamatan Kuranji segera melakukan langkah-langkah pencegahan baik melalui surat maupun instruksi langsung lewat telepon ataupun jejaring social whatsApp dan lainnya.
“Melalui surat edaran kepada Pemerintah Desa agar melakukan sosialisasi keliling dengan menggunakan pengeras suara sampai ke pelosok-pelosok gang rumah masyarakat dari satu desa ke desa yang lain,” terang Camat Kuranji, Samsir di Batulicin, Senin (23/3/20)
Tak hanya itu,melakukan pendataan terhadap warga masyarakat yang bepergian dan datang, baik yang keluar daerah Kabupaten atau Provinsi dan terutama yang keluar negeri, misalnya pernah melaksanakan ibadah Umrah dalam rentang waktu Januari s/d Maret 2020.
Kepada masing-masing Pemerintah Desa juga ditekankan agar benar-benar memantau kedatangan warga dari luar daerah dan segera melaporkan jika terdapat warga atau penduduk pendatang, termasuk dilingkungan Perusahaan sekitar.
Seluruh instansi Pemerintahan dalam Lintas Sektor Kecamatan dan Pemerintah Desa di himbau juga menyiapkan Hand Sanitizer di kantor maupun rumah warga.
Arahan Gubernur Kalimantan Selatan, agar Pemerintah Desa segera melakukan evaluasi dan revisi belanja Anggaran Dana Desa untuk penganggaran belanja kebutuhan dalam pengendalian, Pencegahan dan pengendalian Covid-19, seperti pengadaan Alat Pendeteksi Suhu Tubuh (Screening), Hand Sanitizer, dukungan Pemyemprotan Disinfectan di tempat fasilitas umum sampai ke rumah-rumah masyarakat.
Menunda atau membatalkan berbagai bentuk kegiatan yang menyebabkan terkumpulnya orang banyak atau massa baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri, seperti pertemuan sosial, kegiatan-kegiatan keagamaan, bazaar, pasar malam, resepsi keluarga dan kegiatan lainnya.
Pemberlakuan peraturan ini dipertegas juga oleh maklumat KAPOLRI tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (COVID-19).
Menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berdiam diri dirumah dan tidak bepergian terlebih keluar daerah selama masa yang ditetapkan oleh Pemerintah.
Tim Reaksi Cepat telah melakukan proses pendeteksian Screening dan tindakan pemeriksaan bagi warga masyarakat yang baru kembali dari bepergian keluar daerah.
Memberikan edukasi kepada yang bersangkutan untuk patuh terhadap aturan untuk secara sukarela melakukan karantina mandiri sekurang-kurangnya selama 14 (empatbelas) hari sejak dilakukan pemeriksaan.
Semua langkah-langkah dan tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah, baik dari tingkat pusat sampai daerah, semata-mata demi kepentingan kemanusiaan.
Upaya ini dilakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan bekembangnya COVID-19 di Kecamatan Kuranji khususnya dan di Kabupaten Tanah Bumbu serta Negara Republik Indonesia.
Selain dari pada itu, bersama dengan Majelis Ulama Kecamatan juga memberikan himbauan Bupati dan MUI Pusat, agar seluruh masyarakat lebih memperkuat ibadah, meningkatkan sedeqah, berdo’a dan melakukan istighfar, berdzikir serta membaca do’a qunut Nazilah pada setiap rakaat terakhir sholat fardu bagi umat islam.
Pada setiap instansi pemerintahan, baik dari Pemda, Kecamatan sampai Desa, Puskesmas dan Instansi Perusahaan dihimbau untuk bersama-sama membaca Istighfar dan do’a sekurang-kurangnya 5 menit sebelum melaksanakan aktifitas kerja.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here