Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Kunjungi Posyandu Harapan Maju

0
40
Batulicin,WTol – Tim penilai lomba Posyandu tingkat Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penilaian di Posyandu Harapan Maju,Desa Biduri Bersujud, Kecamatan Sungai Loban, Rabu (12/3/20)
Penilaian dilakukan langsung tim juri dibawah koordinator Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu sebagai ketua Hj. Maulida Hayati dengan melibatkan beberapa dinas terkait diantaranya Disdikbud, Dinkes, DLH, DKBP3A, Bagian Kesra dan TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu.
Rombongan tim penilai disambut para kader dengan yel-yel bertema bebas stunting yang dilanjutkan dengan penyuluhan stunting oleh ketua Posyandu Harapan Maju.
Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten, Hj. Maulida Hayati menyampaikan, untuk meningkatkan peran dan semangat kader sebagai ujung tombak pelayan kesehatan di desa melalui posyandu, maka dana desa boleh digunakan untuk operasional maupun insentif kader.
Diungkapkannya, sebagai eks kader dan petugas kesehatan yang pernah mengabdi selama 13 tahun, suka duka para kader itu pasti ada. Terpenting adalah niat serta ketulusan hendaknya diyakini sebagai amal ibadah untuk kebaikan.
Lebih lanjut dipaparkan Ida, bahwa posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.
Melalui penilaian yang dilakukan, Ia berharap agar Posyandu Harapan Maju terus berinovasi, baik itu dengan memberikan pelayanan KIA, referensi pelajaran anak usia dini dengan memaksimalkan potensi para kader. Penilaian bukan mengedepankan juara, tetapi terpenting menjaga keberlansungan kegiatan posyandu agar selalu diminati oleh ibu-ibu dan balita.
Selanjutnya, selaku pembina dan pendamping, Kepala Puskesmas Sebamban 1 yang diwakili Kepala Tata Usaha, Wenti Anggraini, menyebutkan bahwa di Desa Biduri Bersujud memiliki 2 bidan dan 1 perawat. Dari data terkini Posyandu Harapan Maju terdaftar 16 bayi dan 84 balita.
Sebagai garda terdepan, kader posyandu membutuhkan dukungan penuh dari pihak pemerintah desa untuk meningkatkan setiap program pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dari Puskesmas Sebamban 1 siap mendukung program kesehatan itu dengan selalu menyiagakan petugas kesehatan bila dibutuhkan desa.
Sementara itu, Sekretaris Camat Sungai Loban, Mutawally, mengapresiasi semangat kerja para kader, walaupun tanpa honor tetap berjalan melaksanakan tugas mulia yakni misi kemanusiaan untuk memastikan bayi dan balita tumbuh sehat, bugar serta terpenuhi nilai gizinya.
Sekcam berharap lomba tersebut menjadi sebuah jaminan dan kepastiaan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat terutama tersedianya para kader yang bertugas di posyandu.
Seusai melakukan penilaian terhadap berbagai indikasi pendukung terselenggaranya pelayanan di Posyandu Harapan Maju, masing-masing juri memaparkan hasil investigasi berupa saran dan masukan sebagai evaluasi perbaikan untuk mengembangkan posyandu menjadi mandiri di masa yang akan datang.
Zh/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here