Tim Gugus Tugas Cegah Covid-19 Edukasi Warga Lewat Pengeras Suara

0
84

Batulicin,WTol –
Salah satu langkah cepat yang dilakukan oleh Camat Kuranji bersama unsur Muspika dan Petugas Kesehatan yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan COVID-19 Kecamatan Kuranji adalah memberikan edukasi Covid-19 kepada masyarakat.
Sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kecamatan Kuranji dengan pengarahan melalui pengeras suara dari satu desa ke desa yang lain,senin (23/03/20).
Selain melakukan siaran keliling dan meninjau langsung pelaksanaan penyemprotan disinfektan di lingkungan fasilitas umum Desa Karang Intan, Tim Gugus Tugas juga bergerak mendatangi dan memberikan Edukasi kepada warga.
Diantaranya warga yang baru kembali dari Makassar untuk mengikuti Ijtimah Umat Islam yang rencananya akan digelar se Asia Tenggaraz
“Petugas Kesehatan Puskesmas Giri Mulya sudah dilakukan tes kesehatan dan screening,hasilnya negatif,” terang Samsir.
Meskipun dari hasil tes kesehatan yang dilakukan, kedua orang tersebut dinyatakan sehat, tetapi tetap diberlakukan sebagai ODP (Orang Dalam Pengawasan).
Kepada kedua orang tersebut diberikan pemahaman dan di perintahkan untuk melakukan karantina mandiri (self quarantine) selama 14 (empat belas) hari terhitung saat kedatangannya.
Tim Gugus Tugas juga menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan Tindakan Social Distancing, yakni sedapat mungkin mengurangi aktivitas diluar rumah dan menghindari kegiatan yang menghadirkan orang banyak/bersifat massal dan menjaga jarak ketika bertemu.
“Kepada Kepala Desa dan jajarannya, diminta untuk melaksanakan Cegah Tangkal dengan memperketat datangnya orang dari luar wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” tegas Camat
Hal-hal ini dilakukan tidak lain adalah sebagai upaya untuk antisipasi dan pencegahan masuknya COVID-19 dan sebagai upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus ganas yang telah memakan banyak korban di berbagai negara.
Status Tanggap Darurat Penanganan Corona Virus Disiase (COVID-19) oleh Pemkab Tanah Bumbu melalui SK Bupati Tanah Bumbu Nomor : B/188.46/170/BPBD/2020 tertanggal 23 Maret 2020, dengan status Tanggap Darurat selama 14 hari dari tanggal 22 Maret 2020 sampai 4 April 2020,  apabila nantinya belum Ada perubahan akan diperpanjang kembali.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here