Tertib Adminduk, Disdukcapil Data Penduduk Non Permanen di Tanah Bumbu

0
230
Batulicin – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukpencapil) Tanah Bumbu, Gento Hariadi mengatakan pihaknya telah mensosialisasikan terkait pendataan penduduk non permanen di Tanah Bumbu ke setiap Kecamatan.
Gento menjelaskan secara administrasi status kependudukan terbagi menjadi 2 yakni secara de jure dan de facto.
Secara de jure merupakan penduduk yang dinyatakan berdomisili di wilayah Tanah Bumbu dengan bukti memiliki dokumen identitas di Tanah Bumbu.
“Status de facto adalah orang-orang di luar daerah yang mencari nafkah di Tanah Bumbu sementara status kependudukannya bukan di Tanah Bumbu,” ujarnya di Batulicin, Selasa (27/7/21)
Dikatakan,terkait kependudukan non permanen tersebut, akan dilakukan sosialisasi dan pendataan terhadap seluruh masyarakat yang dilakukan per kecamatan.
Pihak capil akan memberikan surat kepada kecamatan terkait sosialisasi, sementara jadwal sosialisasi ditentukan oleh kecamatan sendiri. Dan setelah melakukan sosialisasi maka dari kecamatan sendiri nantinya akan melakukan pendataan kependudukan non permanen.
Ketika memasuki tahap implementasi atau pendataan, berdasarkan Permendagri yang menyatakan bahwa penduduk yang sudah 1 tahun tinggal di Tanah Bumbu diharuskan untuk pindah dari daerah asal ke Tanah Bumbu.
” Saat ini sudah ada 7 kecamatan yang melakukan pendataan setelah melakukan sosialisasi yakni kecamatan Satui, Angsana, Sungai Loban, Kuranji dan beberapa kecamatan lainnya,” tambahnya
Ia juga menjelaskan, ketika melakukan perbandingan data dari Disdukpencapil dengan data statistik maka jumlah penduduk selalu selisih.
Hal itu dikarenakan Capil mendata secara de jure yang berarti jumlah penduduk diketahui berdasarkan data base kependudukan di Tanah Bumbu secara riil.
Sementara pendataan statistik menggunakan de facto, yakni banyak pendatang yang tidak terdata kependudukannya oleh pihak Capil. Namun pendataan secara statistik akan mendata semua orang baik warga dengan kependudukan Tanah Bumbu maupun warga luar daerah.
Zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here