Tekan Kecelakaan, Dishub Tanbu Cek Kelaikan Angkutan Umum

0
211
Batulicin,WTOL –  Tim Gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub) Tanbu, Dinas Kesehatan (Dinkes), Satuan Lalulintas Polres Tanbu dan Jasa Raharja menggelar pemeriksaan mobil angkutan (Ramp Check), Kamis (27/12) siang.pemeriksaan  guna memastikan kelayakan angkutan barang dan orang yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu
Bertempat di Terminal Kersik Putih, Tim Gabungan memeriksa satu persatu kelengkapan surat menyurat dan kelayakan kendaraan serta kesehatan pengemudinya. Dan tidak hanya itu, dalam pemeriksaan tersebut Tim juga melakukan tes urine terhadap sopir untuk memastikan mereka bebas dari Narkoba.
Kepala Dishub Tanbu, M. Putu Wisnu Wardhana saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, ramp check atau pemeriksaan tersebut sebagai upaya untuk memastikan kalayakan angkutan massa yang beroperasi di Tanbu, baik angkutan barang maupun angkutan orang terutama menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.
“Dalam upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas, kami melakukan pemeriksaan kelayakan terhadap angkutan yang ada diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” ujarnya.
Disamping itu, ramp check tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : AJ 201/2/7 PHB 2018 tentang langkah-langkah persiapan penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru.
Lebih lanjut dikatakan Wisnu Wardhana, dalam pemeriksaan tersebut kendaraan angkutan barang dan orang akan diuji sarana dan prasarananya, termasuk fungsi-fungsi kendaraan seperti lampu, klakson, rem, ban/roda dan fasilitas penting lainya.
“Tim akan memeriksa kelayakan kendaraan dan fungsi pendukungnya. Dan yang terpenting kita juga memeriksa kesehatan Sopir dan kepastian pengendara tidak dalam pengaruh Narkoba,” jelasnya.
Ditanya soal sangsi terhadap kendaraan yang tidak memenuhi ketentuan, Wisnu Wardhana, menyebutkan akan memberikan tindakan berupa sangsi tegas kepada kendaraan maupun sopir yang melanggarnya.
Bagi mereka yang tidak lolos uji kalayakan ini, kami akan memberikan sangsi sesuai pelanggaran yang dilakukannya. Bagi kendaraan yang tidak layak jalan, akan dicabut ijinnya,” tegasnya.
Diketahui, dari hasil pemeriksaan tersebut Tim Gabungan telah menjaring sejumlah kendaraan yang tidak memenuhi kelayakan. Tim juga mengamankan seorang kenek (sopir cadangan) angkutan barang yang positif menggunakan Narkoba. Yang bersangkutan langsung diserahkan ke Polres Tanbu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
ynr/mc/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here