Tanbu Siapkan Generasi Qur’ani Melalui Rumah Tahfidz Di Tiap Desa

0
261
Advertorial Khusus
Batulicin,WTOL – Mempersiapkan generasi Qur’ani menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu,diantaranya melalui pendidikan penghafalan qur’an atau hafidz qur’an bagi anak dan remaja Tanah Bumbu.Diharapkan melalui pendidikan quran ini dapat menjaga dan membentengi generasi penerus bangsa khususnya generasi muda Tanah Bumbu dari arus teknologi informasi.
Untuk mewujudkan hal tersebut ,Pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) melakukan Launching Rumah Tahfidz di Masjid Nirul Hidayah Jum’at (08/11/18) sore.
Dengan dilaksanakanya Launcing Rumah Tahfidz ini diharapakan akan menjadi wadah generasi penerus bangsa mendapatkan pondasi agama yang kuat dalam menyaring informasi yang masuk serta dapat terhindar dari maraknya pergaulan bebas dan peredaran narkoba.
Kepala Dinas DPMD Nahrul Fajri dalam sambutanya mengatakan, Launching Rumah Tahfidz yang nama programnya Satu Desa Satu Rumah Tahfidz ini adalah salah satu program proyek perubahan yang bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan termasuk produk unggulan RPJMD sehingga tidak memberatkan Pemerintah Daerah karena sudah masuk ke anggaran desa yang dananya dari APBN dalam bentuk Honor Guru Mengaji.
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor mengharapkan Launcing Rumah Tahfidz ini dapat mendorong semua untuk ikut andil dalam mencegah kerusakan mental generasi muda, karena istilah Rumah Tahfidz ini bukan berarti harus membangun dalam bentuk bangunan rumah baru, akan tetapi juga bisa memanfaatkan sarana ibadah seperti masjid, langgar ataupun TPA yang sudah ada.
“Saya minta agar Rumah Tahfidz yang dilaunching ini terintegrasi dengan BKPRMI dan LPTQ. Dan kebetulan Ketua LPTQ Tanbu juga masih muda, yakni Bapak Rooswadi Salem sehinga pengintegrasiannya akan lebih mudah,” pungkasnya.
Pada kegiatan tersebut diserahkan bingkisan bagi Alvira Bilqis dari Rumah Tahfidz Al-Busyra yang berasal dari Kelurahan Kampung Baru yang mendapat Juara 2 Musabaqah Hifzhil Qur’an 1 Juz dan Tilawah, pada MTQ XXXI Tingkat Provinsi Kal-Sel di Kabupaten Tabalong dan Juara 1 Lomba Menghafal Al-Qur’an 1 Juz pada PENTAS PAI Tingkat Provinsi Kalsel di Asrama Haji dan akan mengikuti Lomba Pentas PAI Tingkat Nasional di Papua.
Launcing Rumah Tahfidz dilakukan oleh Ketua TP PKK Tanah Bumbu Hj. Sadariah didampingi oleh Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor dan Sekretaris Daerah H. Rooswandi Salem, M.Sos, MM serta dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen.
Acara tersebut selain dihadiri oleh Bupati, Sekretaris Daerah dan Ketua TP PKK juga dihadiri para Asisten, Staf Ahli, dan para pejabat SKPD di lingkungan Pemkab Tanbu, dari Kantor Kementerian Agama, para Camat, Lurah, Kepala Desa dan RT, serta perwakilan dari perusahaan dan perbankan.
*adi/mc/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here