Tanbu Luncurkan ‘Sekolah Siaga Kependudukan’

0
415
Batulicin,WTol – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tanbu bekerjasama BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan,meluncurkan sekolah siaga kependudukan (SSK) ,di Aula SMA Negeri 1 Simpang Empat,Jum’at (18/10/19)
SSK dicanangkan sebagai upaya membentuk generasi penerus yang berkualitas,dengan memberikan literasi tentang kependudukan, membentuk generasi berencana agar guru dan siswa dapat memahami isu kependudukan.
“Remaja adalah motor penggerak,mereka menguasai berbagai teknologi,memiliki teman sebaya,modal inilah yang menjadi motor penggerak isu kependudukan bagi lingkungannya,”ujar Narni,SKM,Kepala Dinas KBP3A Tanbu.
Baca Juga : Aksi GENRE Siswa SMAN 1 Simpang Empat : Sekolah,Sarjana, Kerja,Baru Nikah.
Dijelaskan,sekolah siaga kependudukan adalah sekolah yang didalamnya  mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan Keluarga Berencana ke dalam beberapa mata pelajaran.
“SSK di dalamnya akan ada pojok kependudukan sebagai sumber belajar,juga ada pengayaan materi bagi siswa,” kata dia.
Karena itu dirinya mengharapkan,SMA Negeri 1 Simpang Empat akan jadi percontohan SSK bagi sekolah lain di Tanah Bumbu.
Baca Juga : Bupati Serahkan Bantuan Sosial Warga Kurang Mampu Di Sungai Loban.
Baca Juga : Kurangi Sampah Plastik,Bupati Bagikan 1000 Tumbler Gratis Bagi Pelajar SD
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor,diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan,HM Thaha,berharap dengan hadirnya sekolah siaga kependudukan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat perihal pentingnya pengetahuan kependudukan dalam kehidupan berkeluarga.
Dalam kesempatan itu diserahkan juga buku modul panduan SSK dari BKKBN Provinsi Kalsel kepada Kepala SMA Negeri 1 Simpang Empat.
Selain dihadiri Staf Ahli Bupati,turut hadir pada kegiatan itu Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel,Kepala Dinas KBP3A Tanbu,Kabid pengendian Penduduk,Advokasi DKBP3A,Kepala SMAN 1 Simpang Empat,Perwakilan Dinas Kesehatan dan Disdukpencapil Tanah Bumbu.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here