Tanbu Kembangkan Kampung Patin dan Desa Wisata Di Desa Sungai Dua.

0
93
Batulicin,WTol – Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan akan mengembangkan  Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat menjadi desa wisata dan kampung patin
Untuk mewujudkan hal itu, Dinas Perikanan Tanah Bumbu bekerjasama dengan Balai besar riset pengolahan produk dan bioteknologi Kelautan, Kementerian Kelautan Perikanan (BBRP2BKP) telah malakukan kesepakatan kerjasama melalui penandatanganan MOU bersama yang disaksikan langsung Wakil Bupati H Ready Kambo, Kamis (23/1/20) di Ruang Bersujud 1 Kantor Bupati.
Dalam kesepakatan kerjasama tersebut selain kampung patin dan desa wisata juga akan dibuat pengolahan pupuk hayati yang berlokasi di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Batulicin.
Wakil Bupati Tanah Bumbu,H Ready Kambo mengatakan,Tanah Bumbu memiliki potensi perikanan yang cukup besar untuk dikembangkan dan dikelola secara profesional untuk menambah pendapatan asli daerah dan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.
” Yang dibutuhkan saat ini bukan saja kerja keras, namun juga langkah inovatif dalam mengelelola  potensi perikanan tersebut sebagai salah satu penyangga modal pembangunan daerah,”ucap Wabup.
Wabup berharap kerjasama pengembangan desa wisata,kampung patin dan pengolahan pupuk hayati ini dapat memberikan dampak ekonomi langsung kepada para pembudidaya ikan maupun bagi para pelaku usaha perikanan yang ada di Tanah Bumbu.
Pengembangan Desa wisata dan kampung patin ini diharapkan mampu memberikan efek berantai pengembangan ekonomi masyarkat sekitar,salah satunya dengan melibatkan keberadaan ponpes sekitar untuk kegiatan usaha santri.
Dipilihnya Desa Sungai Dua sebagai kampung patin mengingat didesa tersebut saat ini telah terdapat kolam patin dan nila,selain itu tersedianya sarana pemancingan,namun belum terbentuk kelompok pengola ikan serta belum tersedianya sarana dan prasarana untuk pengolahan ikan.
Dengan menjadi desa wisata dan kampung patin diharapkan alan berkembang industri pengolahan hasil perikanan menjadi aneka produk dan pupuk hayati di Tanah Bumbu.
Hadir dalam kesempatan ini,Kepala Balai besar riset pengolahan produk dan bioteknologi Kelautan, Kementerian Kelautan Perikanan RI,Prof DR Hari Eko Irianto, Plh Sekda Tanbu Hj Mariani,Camat,pelaku usaha perikanan dan Tenaga Penyuluh.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here