Tanamkan Nasionalisme,Dispersip Ajak Pelajar Sadar Arsip Sejarah.

0
453
Batulicin,WTol – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu,memberikan materi kearsipan pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS) di SMA Negeri 1 Simpang Empat,Jum’at (25/10/19)
Dalam kegiatan yang diikuti 50 siswa tersebut disampaikan pentingnya para siswa mengetahui peran sebuah arsip sejarah bagi bangsa.
” Siswa bisa tahu lebih banyak tentang perjuangan para pendahulu bangsa ini lewat buku atau arsip-arsip sejarah yang ada,”jelas Arif Rahman Hakim,Kabid Kearsipan, Dispersip Tanbu.
Baca Juga : Dispersip Gelar Diseminasi Kearsipan Bagi Aparatur Desa
Baca Juga : Hari Santri Nasional Bupati Serahkan 500 Mushaf Al-Qur an
Selain itu,menurutnya,melalui arsip sejarah juga mampu membangkitkan jiwa nasionalisme para siswa dengan membaca buku ataupun arsip sejarah lainnya.
” Salah satu cara menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme bagi siswa yakni dengan mempelajari arsip sejarah bangsa ini,”tambahnya
Arif menambahkan, disela-sela pelaksanaan program kerja, pihaknya berupaya untuk mempublikasikan pentingnya mempelajari arsip untuk generasi muda bangsa.
Karena itu dirinya berharap kegiatan serupa juga dapat dilaksanakan oleh organisasi kepemudaan lainnya guna mencetak generasi muda yang berkarakter.
Baca Juga : Dua Santri Diniyah Tanbu Wakili Kalsel Pada PORSADIN Nasional di Babel
Baca Juga : PKH Kusan Tanam 300 Bibit Pohon di Kawasan Gua Liang Bangkai.
Dalam Latihan Dasar Kepemimoian Siswa (LDKS) ini disampaikan materi yakni ‘Belajar Kepemimpinan dari Para Pemimpin Bangsa Melalui Arsip’ oleh Abdus Mayadi, S.E,selaku Penyuluh Kearsipan, Dispersip
Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala SMAN 1 Simpang Empat,Condro Kasianto,Wakasek Kesiswaan, Wakasek sarana dan prasarana, Pembina OSIS dan MPK SMAN 1 Simpang Empat.
Pemberian materi pada kegiatan LDKS tersebut merupakan bagian dari Gerakan Sadar Arsip yang tengah gencar dilakukan  oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) mulai dari SKPD, BUMD, Desa sampai ke sekolah-sekolah.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here