Tahun Ini Booster Pump PDAM Akan Dibangun Di Kawasan Gunung Tinggi

0
174
Batulicin,wartatanbu.co.id – Pemkab Tanbu tahun ini telah mengalokasikan anggaran untuk pengembangan pelayanan air minum baik di wilayah perkotaan dan Desa.
Di tahun 2021 ini Pemkab Tanah Bumbu telah menganggarkan Rp 25,3 Miliar.Aggaran tersebut antara lain digunakan untuk pembangunan Booster Pump (Pendorong) di kawasan Gunung Tinggi dengan anggaran mencapai Rp. 1,5 Milyar yang berlokasi di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin.
Selain pembangunan booster pump,alokasi anggaran tersebut juga digunakan untuk pembangunan pipa distribusi Gunung Tinggi ke RSUD dr.H. Andi Abdurrahman Noor sebesar Rp. 3 Milyar.
Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor mengatakan, layanan dasar air minum merupakan faktor penting bagi kehidupan masyarakat. Untuk itu Pemkab Tanbu terus berupaya untuk menyediakan akses layanan yang menjadi kebutuhan masyarakat tersebut.
“Infrastruktur penyediaan dasar air minum terus kita bangun. Harapannya dengan tersedianya layanan tersebut dapat mengatasi persoalan sanitasi dan akses air bersih bagi masyarakat,” terang Bupati Tanbu, H. Sudian Noor, Selasa (16/02/2021)
Pembangunan infrastruktur ini, lanjut H. Sudian Noor, merupakan bagian dari upaya Pemkab Tanbu guna mendukung program pemerintah dalam rangka penanganan dan pencegahan stunting.
Baca Juga : Puluhan Desa Di Tanbu Akan Terlayani Air PDAM
Mengingat persoalan stunting tidak terlepas dari sanitasi dan air layak konsumsi.
Pengembangan infrastrukutr layanan air minum tidak saja dilakukan di wilayah perkotaan namun juga dibangun hingga diwilayah perdesaan.
Diantaranya peningkatan jaringan pipa distribusi SPAM IKK Sungai Loban sebesar Rp, 1,5 Milyar.
Selain itu, juga dibangun infrastruktur air minum tematik stunting sebesar Rp. 15,5 Milyar bersumber dari DAK untuk 15 Desa di Kabupaten Tanah Bumbu.
Pembangunan infrastruktur air minum di 15 Desa tersebut berupa pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah (SR) dengan cakupan sebanyak 2.439 SR.
Rel/MC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here