Tahap Awal Vaksinasi Covid di Tanbu Prioritaskan 2.287 Tenaga Kesehatan

0
82
Batulicin, wartatanbu.co.id – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu akan memprioritaskan para tenaga kesehatan (Nakes).
Pemberian vaksin Sinovac diutamakan bagi 2.287 nakes yang tersebar di Puskesmas maupun Rumah Sakit di Kabupaten Tanah Bumbu.
Kepala Dinas Kesehatan Kab Tanah Bumbu,Setia Budi mengungkapkan, pemberian vaksin tersebut merupakan bagian dari strategi komprehensif untuk mengendalikan penularan COVID-19 yang meliputi upaya preventif, edukasi publik, diagnosis dan pengobatan.
“Untuk di Tanah Bumbu kebutuhan vaksin bagi tenaga kesehatan yang bertugas di 38 tempat pelayanan kesehatan baik milik pemerintah daerah maupun swasta jumlahnya mencapai 2.287 jiwa,”terang Budi dikutip Antara, Rabu (6/1/21)
Budi menambahkan,jumlah tersebut adalah jumlah vaksin untuk petugas kesehatan yang mencapai 1,6 juta jiwa secara nasional. Ia merinci,jumlah kebutuhan vaksin diseluruh indonesia mencapai 181,5 juta jiwa. Dimana untuk putugas publik 17,4 juta jiwa, lansia 21,5 juta jiwa, masyaraklat rentan 63,9 juta dan masyarakat lainnya mencapai 77,1 juta jiwa.
Pendistribusian vaksin tersebut kini masih di tingkat provinsi,selanjutnya menuju Kabupaten,kemudian dilanjutkan pendistribusiannya ke tingkat kecamatan atau Puskesmas.
Pemkab Tanbu dalam rakor persiapan vaksinasi Covid-19,Rabu (6/1/21) telah menyiapkan sejumlah langkah langkah dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut.
“Yang paling berat saat pelaksanaan vaksinasi nanti adalah meyakinkan kepada masyarakat agar bersedia dilakukan vaksinasi,” kata Plh Sekdakab H Ambo Sakka.
Menurut Sekda,masih banyak masyarakat yang menilai pemberian vaksin tersebut tidak aman atau juga belum jelas kehalalan dan sebagainya.
“Padahal hal itu tidak benar,dipastikan vaksin tersebut aman dan halal,” imbuhnya
Dia mengatakan, pengalaman waktu vaksin rubela, banyak masyarakat tidak mau anaknya divaksin. Padahal vaksin tersebut sangat aman untuk di pergunakan, ini menjadi tugas kita bersama untuk menyakinkan masyarakat bahwa vaksin sinovac aman digunakan.
Secara bertahap, agar masyarakat benar-benar yakin dan mau untuk mengikuti vaksinasi, maka para nekes dan seluruh pejabat di Tanah Bumbu wajib mengikuti vaksin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here