Sukses Kampung KB,DKBP3A Tanbu Fokus Peningkatan SDM.

0
89

Batulicin,WTol –
Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu, menggelar kegiatan orientasi Penguatan Kader di Kampung KB percontohan,Desa Dukuhrejo,Mantewe,Kamis (23/1/20)
Dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yakni Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia,Kab Tanah Bumbu,Drs. H.M idjra’i, MM dengan tema peningkatan kualitas SDM di kampung KB dalam rangka menyongsong bonus demografi dan revolusi industri 4.0
Kepala DKBP3A Kab Tanah Bumbu, Narni,SKM,MKes,melalui Kabid Pengendalian Penduduk Advokasi & KIE, M.  Yamin Badrun,mengatakan,pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) saat ini dinilai tidak lagi sebatas pada persoalan pengendalian jumlah penduduk.
Namun lebih dari itu, program KB kini mutlak mewujudkan delapan fungsi keluarga.
“Jadi,persoalan KB bukan sebatas pengendalian jumlah penduduk,tapi harus ada pemberdayaan melalui delapan fungsi keluarga,”katanya
Delapan fungsi keluarga itu meliputi, fungsi sosial budaya, fungsi agama,cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta fungsi lingkungan.
Melalui penguatan delapan fungsi keluarga, program KB tidak lagi hanya berorientasi untuk mewujudkan keluarga kecil, namun harus mampu mewujudkan masyarakat yang produktif dan berdaya guna, hal ini juga sejalan dengan slogan Keluarga Berencana yakni kalau terencana semua lebih mudah.
Sementara itu,Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia, Kab Tanah Bumbu,Drs. H.M idjra’i, MM selaku narasumber,memaparkan,upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dalam mewujudkan keluarga sehat sejahtera diantaranya melalui pembinaan keluarga berencana.
Dikatakan,menyiapkan generasi muda penerus yang lebih baik, diawali dengan menyiapkan bibit untuk merencanakan masa depan yang lebih cerah,jauh dari pengaruh negatif narkoba, pergaulan seks bebas dan minuman keras.
Selain itu juga untuk membentuk mental dan kepribadian yang baik, berakhlak, bermoral, dan memiliki budi pekerti yang baik dipersiapkan sejak dini.
Turut hadir dalam kegiatan ini, Camat Mantewe H.  Sulhadi S. Ip, Danramil Kapten Wahyono, Kanit Provos Sek Mantewe,Aiptu Ngaliman,Ketua Tim Penggerak PKK, Hindriyani,Kepala UPK Mantewe, H. suryo Hadi,Kepala Puskesmas Mantewe,Tomi Heriyadi,Rina BP2K,Ukat Sukatma (Kades Dukuhrejo,Toda, Tomas,  Toga Ds.Dukuhreja dan Seluruh Pokja Kampung KB.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here