Soal Kartu Prakerja Disnaker Tanbu Masih Tunggu Juknis

0
90
Syaikhul Ansari,Kepala Bidang Penempatan Latihan Kerja,Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Usaha Mikro Kab Tanbu
Batulicin,WTol – Program Kartu Pra-Kerja merupakan program Pemerintah pusat yang akan diluncurkan di tahun 2020 mendatang,program tersebut diperuntukkan bagi 2 juta pencari kerja di seluruh Indonesia.
Untuk program tersebut pemerintah disebut akan mengalokasikan anggaran  untuk kebutuhan Kartu Pra-Kerja sekitar Rp 10 triliun.
Terkait program kartu pra kerja tersebut,Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Usaha Mikro (Disnakertrans UM) Kabupaten Tanah Bumbu mengaku hingga saat ini,belum menerima petunjuk teknis (Juknis) terkait Kartu Pra-Kerja.
“Sampai saat ini kita baru mendengar informasi dari kementerian, namun secara kedinasan,bagaimana pola pendistribusian gaji dan lain sebagainya kita belum menerima petunjuk teknisnya,” ujar Kepala Dinas Nekertrans UM, melalui Kabid Penempatan Latihan Kerja,Syaikhul Ansyari,Selasa (18/11/19)
Baca Juga : Tunggul Ulin Pohon Hamil; Itu Akhirnya Dirobohkan
Syaikhul menegaskan tidak semua pencari kerja yang terdaftar pada Disnakertrans bisa mendapat Kartu Pra-Kerja, sebab terdapat beberpa kriteria khusus untuk memperolehnya.
” Syaratnya mereka harus terdaftar sebagai pencari kerja, kemudian tercatat sebagai peserta pelatihan kerja ataupun magang,” imbuhnya
Ia mengatakan pemberian intensif bagi pencari kerja tersebut diberikan sambil menunggu pencari kerja yang bersangkutan mendapatkan pekerjaan selama proses pelatihan kerja ataupun magang.
Baca Juga : Bupati dan Masyarakat Shalat Jumat Perdana Di Masjid Ar-Raudhah 5 Oktober
Syaikhul menyebutkan data dinas tenaga kerja Tanah Bumbu jumlah pencari kerja sampai September 2019 mencapai 2.113 orang
Pemkab Tanbu melalui Disnakertrans saat ini tengah dalam proses pendirian Balai Latihan Kerja (BLK) ,dengan pelatihan kerja tersebut diharapkan para pencari kerja tersebut memilki skil yang siap pakai baik untuk bekerja secara mandiri ataupun sebagai pekerja profesional.
Terkait pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Tanah Bumbu, Syaikhul mengungkapkan, saat ini tengah berlangsung pengerjaan renovasi gedung eks Pasar Batuah secara bertahap yang akan digunakan sebagai bengkel kerja pelatihan.
” Tujuannnya bagaimana agar dengan pelatihan tersebut mereka memiliki kompetensi yang siap bersaing dengan tenaga kerja luar,”pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here