SMPN 1 Sungai Loban Raih Juara 1 Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Kalsel

0
130
Batulicin – SMP Negeri 1 Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban Tanah Bumbu meraih juara pertama Sekolah Sehat tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).Atas prestasi itu, SMPN 1 Sungai Loban berhak mewakili Kalsel ditingkat Nasional.
Prestasi tersebut diraih dimana sekolah ini dinilai telah mampu mewujudkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.
Tak hanya itu, sekolah dipimpin Nurdahroji itu juga berhasil meraih juara terbaik kategori lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) tingkat provinsi.
Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Khusnul Khatimah di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (23/11/2022).
Penghargaan itu diterima Wakil Kepala SMP Negeri 1 Sungai Loban yang juga ketua lomba Atin Ristiyani didampingi Pembina UKS Sumiyati dan Nikmatus Sholehah serta siswa yang jadi juara KKR Muhammad Rozan Asshiddiq.
Atas  prestasi itu pula,SMP Negeri 1 Sunga Loban meraih trophy, sertifikat dan uang pembinaan.
“Prestasi ini merupakan satu motivasi luar biasa untuk mewujudkan generasi Indonesia sehat,”ujar Nurdahroji,Kepala SMP Negeri 1 Sungai Loban.
Dirinya juga berucap syukur dan sangat bangga, atas prestasi yang diraih sekolah ini.
“Prestasi ini diluar ekspektasi bahkan tak pernah dibayangkan sebelumnya, karena target sekolah pada ajang penilaian ini adalah hanya sebagai juara ketiga saja,” imbuhnya.
Menurutnya,prestasi ini tak terlepas dukungan dan kerjakeras keluarga besar SMP Negeri 1 Sungai Loban. Dirinya juga menyampaikan terimakasih setinggi-tingginya kepada tim pendamping kabupaten, kecamatan dan khususnya Puskesmas Sebamaban 1.
Selanjutnya, Ketua Lomba Sekolah yang juga Wakasek Atin Ritiyani, menyatakan kesiapan sekolahnya mengikuti verifikasi lapangan ke level nasional.
Sementara itu, Ketua Tim UKS/M Provinsi Kalsel Abdul Basit saat pemaparan verifikasi lapangan pada 28 Oktober 2022 lalu mengatakan, bahwa berdasarkan stratifikasi sekolah/madrasah menerapkan Trias UKS plus yakni aku tau, aku mau dan aku mampu.
Dibeberkan Basit, implemtasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SMP Negeri 1 Sungai Loban ada yang berbeda dibandingkan sekolah lain, yakni kesehatan spiritualnya.
“Di sekolah ini dilaksanakan kegiatan sholat dhuha berjamaah dilanjutkan membaca yasin. Dan ini yang paling menonjol dibandingkan perwakilan peserta lain dari 13 kabupaten/kota di Kalsel,” pungkasnya. (Zuhdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here