SMAN 1 Angsana Siapkan Diri Sambut Penilaian Sekolah Adiwiyata Nasional

0
170
Batulicin – SMA Negeri 1 Angsana Kab Tanah Bumbu menjadi salah satu sekolah yang dipersiapkan mengikuti penilaian lomba sekolah adiwiyata Nasional tahun 2021.
Mengahadapi penalaian tersebut pihak sekolah berkomitmen kuat melaksanakan visi dan misi sekolah untuk terwujudnya peserta didik yang bergotong royong.
Hal itu sejalan dengan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI dengan menerapkan kegiatan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah.
Kepala SMAN 1 Angsana, H. Amrullah mengungkapkan, untuk mendukung program itu, pihaknya saat ini telah melakukan beberapa kegiatan seperti kegiatan menanam dan memelihara tanaman, menjaga kebersihan lingkungan dan menghimbau warga sekolah untuk menghemat energi dan air serta melakukan inovasi-inovasi dalam penerapan perilaku ramah lingkungan.
“Ada juga pengelolaan sampah melalui lomba karya barang bekas dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada Februari lalu yang pesertanya perwakilan kelompok masing-masing kelas,” ujarnya
Kegiatan itu bertujuan untuk menghimbau kepada seluruh peserta didik agar lebih bijak dalam membuang sampah dan mengelolanya menjadi sebuah karya yang lebih bermanfaat dan bernilai jual tinggi.
Tak itu saja,sebagai pimpinan, dirinya selalu mendorong warga sekolah untuk melakukan kegiatan yang kreatif dan inovatif demi kemajuan sekolah. Karena menurutnyan di masa pandemi ini bukan penghalang untuk berkarya dan mengembangkan potensi diri.
Upaya yang dilakukan SMAN 1 Angsana itu sejalan dengan pembinaan yang terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanbu
dalam rangka mencapai sekolah adiwiyata nasional melalui kerjasama tim gerakan peduli lingkungan hidup di sekolah.
“Pemberdayaan kader adiwiyata baik dalam menyampaikan berbagai aspek kepada teman sebaya di rumah dan anggota keluarga lainnya, seperti kampanye tentang konservasi air, kampanye konservasi energi, pembuatan kompos padat atau cair, penanaman dan pemeliharaan pohon,”ungkap  Siti Fatimah selaku Koordinator Sekolah Adiwiyata Kabupaten yang tidak lain Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Tanah Bumbu
Adapun, sebelumnya SMAN 1 Angsana pernah meraih penghargaan sekolah adiwiyata tingkat kabupaten pada tahun 2016, selanjutnya memperoleh penghargaan sekolah adiwiyata tingkat provinsi pada tahun 2017 lalu.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here