Siswa SMPN 7 Kusan Hilir Olah Lidah Buaya Jadi Masker Wajah

0
310
Batulicin,wartatanbu.co.id – SMPN 7 Kusan Hilir Tanah Bumbu terus mempersiapkan diri dalam rangka mengikuti penilaian sekolah adiwiyata tingkat Kab Tanah Bumbu tahun 2021.
Persiapan dan pembenahan yang dilakukan SMPN 7 Kusan Hilir itu mencakup beberapa hal diantaranya membersihkan lingkungan sekolah beserta sarana prasarananya serta inovasi unggulan peduli lingkungan lainnya.
“Salah satu inovasi unggulan kami yakni pemanfaatan tanaman lidah buaya menjadi masker. Selain mudah berkembang, tanaman lidah buaya juga dibudidaya oleh para guru di lingkungan sekolah,”ungkap Kepala SMPN 7 Kusan Hilir Rina Sari, Sabtu (13/2/21)
Rina menjelaskan, ide pembuatan masker wajah berbahan lidah buaya berawal dari keinginan untuk memanfaatkan lidah buaya menjadi masker terus dikembangkan.
Menurutnya,sejauh ini pihak sekolah telah membuat masker lidah buaya alami dengan 2 jenis produk yang sudah diolah yaitu masker lidah buaya untuk perawatan wajah dan masker untuk perawatan rambut.
“Masker lidah buaya untuk wajah diperuntukkan untuk mengatasi masalah jerawat sedangkan masker rambut untuk mengatasi rambut rontok,”imbuhnya
Hingga saat ini warga sekolah telah mencoba menerapkan inovasi tersebut dengan testimoni khasiat yang memuaskan.
Selain inovasi unggulan tersebut, pihak sekolah juga terus mempersiapkan diri dengan membersihkan saluran air (drainase), melakukan pembibitan tanaman, penanaman pohon dan tanaman hias.
Tak hanya itu,sosialisasi dan himbauan untuk berperilaku ramah lingkungan di sekolah.
Bertekad meraih nilai memuaskan, SMPN 7 Kusan Hilir melakukan totalitas dengan melibatkan seluruh warga sekolah mulai kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan juga seluruh siswa dijadikan kader Adiwiyata sekolah.
“Kita ingin semua kegiatan yang dilakukan dapat menjadi budaya di lingkungan sekolah. Bukan hanya untuk kepentingan penilaian Sekolah Adiwiyata samata, tetapi juga demi terciptanya sekolah yang bersih, sehat, sejuk dan indah yang berkelanjutan,” pungkasnya
Penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada minggu ketiga Februari 2021.
Dimana saat ini tahapan sudah pada pengumpulan softcopy Adiwiyata untuk diperiksa Tim Adiwiyata Kabupaten terdiri dari Disdikbud, Disperkimtan, Dinkes dan KPH Kusan.
*Zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here