Sepekan Jelang Wukuf,JCH Tanbu Dibekali Tips Sehat ARMUSNA

0
76
Mekkah,WTol – Sepekan menjelang puncak pelaksanan ibadah haji yakni wukuf di Arafah,suasana di Masjidil Haram terpantau sangat padat,mengingat pekan ini telah memasuki fase ARMUSNA (Arafah, Musdalifah dan Mina) dimana dengan padatnya JCH maka sangat sulit untuk masuk masjid dan mendapatkan shaf.
Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Tanbu, Akhmad Fauzi, Sabtu (03/08/19) melaporkan,Calon Jamaah Haji (CJH) Tanah Bumbu saat ini telah mengikuti sosialisasi tentang Tips Haji Sehat saat ARMUSNA (Arafah, Musdalifah dan Mina) dari Tim Promitif dan Preventif Menkes
“Jadi JCH kita selain diwajibkan menggunakan APD saat keluar hotel,jamaah calon haji juga dianjurkan sering minum air putih,dan bukan banyak minum karena toilet terbatas,” ungkap Fauzi
Selain itu guna menghindari terjadinya dehidrasi bagi jamaah calon haji,dilakukan juga gerakan bersama minum Oralit 1 botol untuk 2 oralit.
Fauzi juga melaporkan,suhu udara di Mekkah siang ini mencapai 44 derajat celsius dengan kelembaban udara hanya 5 persen,sedangkan pada malam hari mencapai 33 derajat celsius.
Dengan suhu seperti itu,Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan keluar hotel wajib menggunakan APL (alat pelindung diri) berupa sprayer  air, kacamata hitam, masker dan payung.
Ditambahkan,kondisi umum CJH Tanbu dalam keadaan sehat dan semangat, meskipun beberapa JCH ada yg mengalami batuk dan pilek, namun sudah tertangani Tim dokter dan perawat Kloter.
“Hari ini sebagian dari CJH Tanbu telah melaksanakan umrah sunat dan kunjungan ke tempat bersejarah di sekitar Masjidil Haram,”ungkapnya
Mengakhiri laporannya Fauzi juga mengatakan saat ini Bus Sholawat yang mengantar JCH dari hotel ke terminal sangat penuh dan berjejal.
“Bus akan berhenti operasi pada tanggal 6 Agustus dan akan kembali operasi pada tanggal 16 Agustus,karena itu dihimbau JCH yang akan melaksanakan ibadah shalat agar dapat melaksankan di masjid hotel atau masjid terdekat saja,”pungkasnya.
*Akhmad Fauzi / TPHD Tanbu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here