SD IT Ar Rasyid Persiapkan Diri Jadi Sekolah Adiwiyata 2021

0
164
Batulicin,wartatanbu.co.id – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar Rasyid Batulicin akan mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021.
Sejumlah persiapan dilakukan seluruh elemen sekolah dan yayasan terus menjalin bekerjasama bahu membahu mewujudkan lingkungan sekolah bersih dan sehat.
” Sekolah telah melakukan berbagai persiapan seperti pembersihan dan perawatan saluran air sebagai bentuk orientasi akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Kepala SDIT Ar Rasyid, Syaiful Anwar diBatulicin.
Syaiful Anwar menjelaskan,pihaknya juga melakukan eksperimen pembuatan kompos cair yang berasal dari limbah rumah tangga serta melakukan daur ulang barang bekas menjadi barang layak pakai, seperti pemanfaatan ban bekas yang diubah menjadi kursi santai.
Menurutnya, langkah persiapan itu sangat diapresiasi oleh pihak Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Insani (YPPI) Ar-Rasyid, dan Komite Sekolah. Karena sangat bagus apalagi jika dilaksanakan secara berkesinambungan agar lingkungan sekolah tetap terjaga kebersihan dan keasriannya meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum mereda.
Melalui tahapan persiapan yang sudah dilakukan sekolahnya, Ia berharap, upaya yang telah dilakukan itu dapat memupuk rasa peduli terhadap lingkungan sekitar,  menumbuhkan nilai-nilai Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) dan budaya gotong royong tetap harus diaga dan dilestarikan dalam kehidupan sehari-hari.
Dihubungi terpisah, Koordinator Sekolah Adiwiyata Kabupaten, Siti Fatimah selaku Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Tanah Bumbu mengatakan, SDIT Ar Rasyid telah menjalani proses pembelajaran menuju pada gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah baik secara sekolah sistem daring maupun melibatkan warga sekolah.
Lebih lanjut menurutnya, untuk mencapai nilai terbaik, maka perlu dipoles lagi persiapannya terutama lebih banyak melibatkan masyarakat sekitar untuk berperilaku ramah lingkungan hidup.
*Zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here