Samsir Ajak TP PKK Desa Turut Atasi Wabah DBD dan Stunting.

0
105
Batulicin,WTol –  Camat Kuranji,Samsir, SE. M.AP,mengajak seluruh anggota TP PKK Desa di Kecamatan untuk berperan aktif dalam upaya mengatasi penyakit DBD dan stunting.
Hal ini disampaikan Samsir saat menghadiri pertemuan rutin TP PKK Desa se Kecamatan Kuranji di Desa Indraloka Jaya,Kamis (23/1/20)
Menurutnya peran dan fungsi perempuan sangat penting dalam menunjang penyelenggaraan Pemerintahan dan keluarga,mulai dari   tingkat pusat,Daerah, Kecamatan, hingga Desa,bahkan peran dalam keluarga secara individu.
“Sebagai contoh peran ibu-ibu PKK Kecamatan/ desa dapat sinergisme dalam pencegahan DBD, Stunting dengan menggerakkan para Kader dan Dasa Wisma,” ujar Samsir
Didepan anggota  Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Kuranji tersebut Samsir juga mengingatkan kunci keberhasilan adalah persatuan dan kesatuan yang dapat di implementasikan melalui budaya gotong royong yang selama ini digalakkan di Kecamatan Kuranji.
“Dengan gotong royong banyak hal yang bisa didapatkan, yang paling utama adalah silaturrahmi, selanjutnya akan meringankan beban kegiatan, bergotong royong akan dapat bermanfaat untuk membersihkan lingkungan umum dan pribadi, sehingga dengan lingkungan yang bersih akan menghindarkan dan mencegah dari terjangkitnya berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit DBD yang disebabkan lingkungan yang kurang bersih,” katanya
Dipesankan kepada semua TP PKK Desa agar memaksimalkan fungsi dan peran dimasing-masing desa Pemanfaatan lahan pekarangan, kebun PKK Desa dan pagar hidup diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Dilahan pekarangan ataupun Kebun PKK Desa dapat ditanamai berbagai macam sayur-sayuran dan buah yang bermanfaat untuk perbaikan gizi keluarga.
Pertumbuhan anak dengan gizi yang baik dan seimbang akan mampu untuk mencegah adanya anak dengan status penyandang stunting, karena sebagaimana di ketahui bahwa kasus stunting berangkat dari pemenuhan kebutuhan nutrisi dan gizi yang tidak seimbang.
Pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam pohon buah seperti Pepaya, Jambu Air, Tomat dan Jambu Biji terlebih Jambu Biji Merah, sangat bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan penyakit, salah satunya adalah menurunnyan Trombosit bagi yang terkena Demam Berdarah.
Turut mendampingi Camat, Kasi Trantib Sukmaraga, S.Sos beserta beberapa Staf Kecamatan, bersama Kepala BP3K Kecamatan Kuranji Endah Widjoyo, SP
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here