Rooswandi Salem Terpilih Sebagai Ketua Kwarcab Tanbu 2019-2024

0
49
Batulicin,Wtol –  Musyawarah Cabang (Muscab)  Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tanah Bumbu (Kwarcab Tanbu) secara aklamasi menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Rooswandi Salem sebagai Ketua Kwarcab Tanbu masa bhakti 2019- 2024.
Pada Muscab yang di gelar selama dua hari dari tanggal 1 Juli 2019 sampai dengan tanggal 2 Juli 2019 di panggung utama Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir itu dihadiri 9 Kwartir Ranting (Kwarran) yakni Kwaran Simpang Empat,  Karang Bintang,  Mantewe,  Kusan Hulu,  Kuranji,  Sungai Loban,  Angsana, Satui dan Kwaran Kusan Hilir sendiri sebagai tuan rumah.
Menurut Syamsuddin, Ketua Panitia pelaksanaan Muscab menyebutkan, Muscab adalah forum permusyawaratan tertinggi di tingkat cabang atau kabupaten organisasi gerakan pramuka. Di mana muscab digelar lima tahun satu kali berdasarkan periode kepekengurusan yakni lima tahun lamanya.
“Muscab diikuti sembilan kwarran,  minus kwarran Batulicin yang tidak mengirim utusan”, ungkap Syamsuddin yang juga Ketua Kwarcab Tanbu periode 2014 – 2019.
Dengan berakhirnya masa jabatan Ketua Kwarcab Tanbu pada 2019 ini, maka pihaknya sambung Syamsuddin wajib melaksanakan pemilihan Ketua untuk masa jabatan lima tahun berikutnya.
Sebelum muscab di gelar beber Syamsuddin, di awali dengan pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Ranting se Tanbu. Selanjutnya  pelantikan pengurus Kwartir Ranting se Tanbu, dan dilanjutkan dengan Muscab.
Terkait dipilihnya Rooswandi Salem sebagai Ketua Kwarcab Tanbu secara aklamasi itu terang Syamsuddin selaku Ketua Presidium berawal adanya usulan 6 Kwartir Ranting untuk mencari kandidat calon Ketua Kwarcab Tanbu untuk periode 2019 – 20124 Akhirnya disepakati secara aklamasi Rooswandi Salem ditunjuk sebagai Ketua Kwarcab.
“Sebelumnya kita melakukan pembahasan tatib,  penyampaian LPJ pengurus lama serta pemilihan anggota presidium sidang, dari sini kemudian kita lanjutkan dengan agenda pemilihan Ketua Kwarcab”, ujar Syamsuddin yang juga Sekretaris Camat Simpang Empat itu.
Selanjutnya sambung dia, Rooswandi bersama pihaknya akan  segera membentuk tim formatur yang akan menyusun struktur kepengurusan Kwarcab Tanbu dalam tempo satu bulan kedepan. 
Setelahnya akan dijadwalkan pelantikan kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Tanbu masa bhakti 2019 – 2024 oleh Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Raudhatul Jannah.
Terpisah, terkait terpilihnya ia secara aklamasi sebagai Ketua Kwarcab Tanbu pada Muscab itu, Rooswandi Salem mengatakan sangat mengapresiasi dan akan menjalanan dengan baik amanah yang sudah dipercayakan kepada dirinya dalam memajukan dunia kepramukaan di Bumi Bersujud.
Ia mengatakan berkomitmen memajukan kepramukaan di Tanbu mulai darì penetapan program rutin di sekolah-sekolah di semua jenjang. 
Selain itu katanya, ia akan mendorong dilaksanakannya even-even kepramukaan berskala nasional di Tanbu.
“Saya juga berkomitmen akan mengupayakan dan menyiapkan beberapa infrastruktur penunjang kepramukaan di Tanah Bumbu, mulai dari lokasi yang nantinya akan kita jadikan sebagai bumi perkemahan serta menyipkan bangunan yang nantinya akan kita jadikan sebagai kantor sekretariat pramuka Tanbu”, ujar Roowandi.
Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here