Resmikan Rumah Kemasan, Bupati Harap Pelaku IKM Lebih Berinovasi

0
78
Batulicin – Bupati Tanah Bumbu, Abah HM Zairulllah Azhar mengapresiasi hadirnya rumah kemasan Tanah Bumbu sebagai pusat Industri Kreatif Masyarakat (IKM) dan showroom Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tanah Bumbu.
Saat meresmikan rumah kemasan Tanah Bumbu di kawasan Simpang Empat,bupati berharap hadirnya rumah kemasan ini akan membantu para pelaku Industri Kerajinan Masyarakat dalan meningkatkan inovasi produk mereka.
Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai IKM Center Hasanah, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti.
“Rumah kemasan ini tentunya diharapkan bisa membangkitkan semangat para pengrajin didaerah ini,” kata bupati disela peresmian, Kamis (31/3/22).
Sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) kata bupati, Tanah Bumbu harus mempersiapkan diri dan memperkenalkan dari seluruh aspek, termasuk ciri khas Tanah Bumbu.
“Kalau di Jawa orang kenal batik,maka di Tanah Bumbu orang akan mengenal Tenun khas Pagatan.” imbuhnya.
Sementara itu,Ketua Dekranasda Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk melalui rumah kemasan ini.
Untuk itu ia meminta dukungan pemerintah daerah mendorong eksistensi Tenun Pagatan sebagai salah satu ikon daerah. Dalam kesempatan itu Windarti meminta kepada Bupati bisa mengintruksikan kepada SKPD agar mengenakan pakaian dari tenun khas Pagatan termasuk sekolah sekolah.
“Kemudian saran kepada pengrajin, agar memberdayakan kepada anak putus sekolah di pelosok desa dan Alhamdulillah banyak yang mau dan dibantu oleh pihak Arutmin,”ujar Windarti.
Terkait pembinaan para perajin tenun Tanah Bumbu, pihak DKUM2 tidak hanya akan memberikan pembinaan perajin di Pagatan saja, namun juga akan melakukan pembinaan ke tiap Kecamatan.
Salah satunya dengan pelibatan anak anak putus sekolah agar dilatih dalam membuat kain tenun Tanah Bumbu.
Perlu diapresiasi inisiasi ketua Dekranasda yang sudah memberikan semangat kepada DKUM2 tentang bagaimana mengupayakan pembinaan langkah kontruktif kedepan .
Perlu adanya regulasi yang mengatur setiap pegawai maupun anak sekolah diwajibkan untuk memakai khas tenun Tanah Bumbu.
Turut hadir dalam persemian ini,Ketua DPRD Kab.Tanah Bumbu H.Supiansyah, Ketua Dekranasda Tanbu Hj.Wahyu Windarti Zairulllah serta ketua perwakilan GOW Tanbu maupun jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. (Wn).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here