Razia Toko dan Minimarket,BPOM Tanbu Temukan 9 Jenis Makanan Kadaluarsa

0
138
Batulicin,WTOL-Pengawasan terpadu yang melibatkan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kab. Tanbu dan pihak Polres Tanbu di gelar Selasa (12/03/2019).
Dalam razia kali ini Tim menemukan 9 jenis makanan yang telah habis masa berlaku atau kadaluarsa dan rusak
Kepala Kantor BPOM Kab. Tanbu Tri Wandiro melalui Pengawas Farmasi Dan Makanan
Benny Ismayandi, S. Farm, Apt mengatakan,Pengawasan yang dilakukan di Toko RN dan Minimarket NH,ditemukan total 9 (sembilan) item produk pangan yang tidak Memenuhi Syarat.
“Tercatat ada 7 (tujuh) item produk yang melampaui masa kedaluwarsa dan 2 (dua) item rusak / tidak layak konsumsi,” bebernya
Lebih jauh dikatakan,pihaknya masih dalam tahap pembinaan terhadap pemilik toko maupun mini market dan sejenisnya.
Kegiatan ini merupakan pengawasan terhadap produk pangan Tidak Memenuhi syarat meliputi pemeriksaan terhadap Izin Edar, Kedaluwarsa, dan Mutu Produk Pangan yang dijual.
Sementara itu terkait temuan pada Toko RN, petugas merekomendasikan pemilik untuk segera mengembalikan produk pangan tidak memenuhi syarat tersebut ke suplier.
Lanjutnya, sedangkan untuk temuan pada Minimarket NH dilakukan pemusnahan setempat oleh perwakilan pemilik disaksikan oleh petugas.
Bersamaan dengan itu turut dilakukan penandatanganan surat pernyataan sebagai bentuk komitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang serupa.
“Kami mengharapkan dengan dilakukannya aksi ini setidaknya akan mengantisipasi peredaran barang makanan yang akan merugikan konsumen,” paparnya.
Saat ini menurutnya, temuan tidak terlalu banyak namun hasil dalam temuan itu tetap masuk dalam berita acara pemeriksaan untuk dijadikan langkah pembinaan.
Kemudian pihaknya terus mewaspadai dalam rangka mengantisipasi peredaran barang tidak layak dalam skala jumlah besar dengan unsur pembiaran maupun kesengajaan
“Kami menghimbau agar senantiasa menjadi konsumen yang cerdas melalui CEK KLIK, yaitu Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa,” jelasnya.
wn/wtol/mc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here