Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Bupati Terhadap 3 Raperda

0
129
Batulicin – Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu dengan agenda Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi terhadap 3 buah Raperda Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (10/2/22).
Sekretaris Daerah, H. Ambo Sakka menanggapi pertanyaan Fraksi PDI Perjuangan terkait perubahan Perda dimaksud apakah akan menjamin peningkatan kualitas dari perangkat daerah bagi SKPD yang mengalami perubahan nomenklatur.
Berdasarkan kajian Analisis Beban Kerja (ABK) di Kabupaten Tanah Bumbu terbilang cukup panjang, sehingga pemerintah daerah sangat berkeyakinan hal tersebut dapat meningkatkan kualitas dan efesiensi pemerintahan.
Sementara itu,menjawab Fraksi Gerindra terkait penggabungan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, berdasarkan Perpres Nomor 66 tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional menjabarkan,dimana Ketahanan Pangan bergabung dengan Pertanian dipisah dan berbentuk lembaga Non Kementerian sehingga dipandang, daerah juga ikut serta memfokuskan terkait memaksimalkan urusan pangan di daerah.
Selain itu juga dilanjutkan Bupati, bahwa hal ini sejalan dengan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Kewenangan Urusan Pangan di daerah.
Selanjutnya, pembuatan Perda tentang Pembangunan Gedung, telah mengkaji secara jumlah bahwa nilai IMB lebih tinggi dibanding Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), tetapi secara kuantitas jumlah lebih banyak sehingga PAD diperkirakan tetap sama bahkan meningkat.  
Adapun tanggapan semua fraksi terkait Raperda Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, berdasarkan pertimbangan maka Perda yang lalu akan dihapus, karena hal itu dulunya dihadapkan dengan situasi dan kondisi pandemi. (Zd/ds/rsb).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here