Rakor Pemutakhiran Data IDM Berbasis SDGs se Kecamatan Kuranji

0
151
Batulicin – Rapat koordinasi (rakor)  pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Develovment  Goals (SDGs) atau data arah pembangunan berkelanjutan, digelar Kecamatan Kuranji, Senin (22/03/21).
Rakor guna memastikan data kondisi masing-masing desa di Kecamatan Kuranji sebagai basis data terpadu, Pemerintah Kecamatan Kuranji.
Dihadiri para apartur desa se Kecamatan Kuranji dan para pendamping desa bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kuranji. Rakor dibuka secara langsung oleh Camat Kuranji, Samsir, SE., M.AP.
Camat mengatakan, hasil pendataan IDM sangat berguna sebagai dasar pengambilan kebijakan pembangunan secara nasional terhadap desa.
“Pendataan melalui IDM berbasis SDGs ini untuk menetapkan status kemajuan desa dan kemandirian desa serta tersajinya data dan informasi dasar bagi pembangunan desa serta menentukan apakah desa itu tertinggal, berkembang, maju  atau mandiri,” ujar Samsir.
Oleh sebab itu, Samsir mengingatkan kepada para aparatur desa untuk segera berkoordinasi dengan Kepala Desa masing-masing  dengan melibatkan komponen yang  terlibat  dan berkaitan untuk sesegeranya melakukan pemutakhiran data.
Dikatakan Desa bertugas mengisi/menginput kuisioner  IDM secara benar dan sesuai fakta dan data di lapangan dengan didampingi oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) dan dituangkan ke dalam berita acara.
“Tugas kami di kecamatan menandatangani berita acara pengukuran IDM bersama Pendamping Desa (PD), kemudian berita acara tersebut akan di scan/foto untuk upload pada web IDM dengan menggunakan user login kecamatan dan disampaikan oleh PD ke TA Kabupaten dan Dinas PMD,” jelas Samsir
Mengakhiri arahannya, Camat mengingatkan kepada para apartur desa  agar prioritas penggunaan dana desa pada pemulihan ekonomi masyarakat  akibat dampak Covid-19.
*kec kuranji/Laa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here