Ragam Permainan Tradisional Warnai Hari Anak di Tanah Bumbu.

0
316
Ketua TP PKK Tanah Bumbu,Hj Sadariah Sudian Noor, Ketua DWP Tanbu, Hj Muliawati dan Kepala Dinas KBP3A Tanbu Hj Narni,mencoba permainan tradisional anak, di halaman Gedung Mahligai Bersujud Kapet,Senin (30/9/19)
Batulicin,WTol – Bamasak (Bermain bersama Anak) merupakan ajakan bagi para orang tua untuk selalu meluangkan waktu bersama anak.
Beragam permainan tradisional era 90-an ditampilkan Forum Anak Daerah (FAD) Tanah Bumbu di Hari Anak Nasional Tingkat Kab Tanbu.
Penampilan permainan jaman old tersebut digelar di Halaman Gedung Mahligai bersujud,Senin (30/9/19)
Permainan tradisional yang ditampilkan diantaranya permainan lompat tali/karet,Kelereng,asinan,gasing,bakiak hingga permainan congklak.
Permainan tradisional tersebut dulunya sangat melekat dalam keseharian anak-anak era 90-an sebelum muncul dunia digital.
Pemkab Tanbu menampilkan permainan tradisional ini untuk memperkenalkan kembali kepada anak-anak generasi milenial.
Sebanyak 250  siswa tingkat SD,SMP dan SMA di Tanbu hadir dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Tanbu  yang dihadiri langsung Bupati Tanah Bumbu ,H Sudian Noor dan Bunda PAUD Tanbu, Hj Sadariah serta sejumlah pejabat daerah.
Permainan tradisional ini dinilai telah tergerus di zaman digital,dimana anak anak cenderung lebih suka bermain gawai dengan sejumlah permaianan digital.
Baca Juga : Peringati Hari Anak Nasional 2019, Pemkab Tanbu Kampanyekan Hak Anak Mendapat Pendidikan Terbaik
Baca Juga : Hari Anak Nasional,Ketua TP PKK Tanbu Kunjungi SLB Negeri Tanbu
Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A)Kabupaten Tanbu mencoba menanamkan kembali keseruan permainan tradisional tersebut melalui lomba permainan tradisional.
“Kami berharap pada peringatan hari anak ini sesuai tema,kita anak indonesia harus bergembira,” kata Narni,”pada kegiatan ini.
Dirinya memastikan, pihaknya akan berupaya mewujudkan pemenuhan hak anak, diantaranya juga kembali memperkenalkan permainan tradisional dilingkungan keluarga.
Puncak peringatan HAN 2019 ini turut dihadiri perwakilan Kapolres Tanbu dan Dandim 1022/TNB,Kejaksaan Negeri, Sekda Tanbu dan Pimpinan SKPD Pemkab Tanbu,
Baca Juga : Siswa Siswi SLB Tanbu Tampilkan Tari Di Hari Anak Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here