Puncak Hari Jadi Tanbu Ke-19 Berlangsung Khidmat, Diisi Dzikir Shalawat dan Tausiyah

0
162
Batulicin,Wartatanbu.co.id – Puncak peringatan HUT Ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu berlangsung sederhana di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jum’at (8/4/22) sore.
Mengusung tema,Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah mewujudkan Sumber Daya Manusia produktif Cinta quran dan Berakhlakul karimah.
Peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Tanah Bumbu ini dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalsel,Roy Rizali Anwar beserta sejumlah pejabat Pemprov Kalsel.
Hadir juga sejumlah perwakilan bupati/walikota seKalimantan Selatan,Forkopimda Tanah Bumbu,para alim ulama tokoh agama, an masyarakat,anggota DPRD,pimpinan SKPD serta pegawai Pemkab Tanbu.
Tampak juga Sekda Kota Banjarmasin,Ikhsan Budiman, Sekda Kab Kotabaru,Said Ahmad beserta tamu undangan lainnya.
Hari jadi Tanah Bumbu ke-19 dihadiri para pejabat dan tamu undangan beserta seluruh pegawai Pemkab Tanah Bumbu yang mengenakan seragam putih putih sebagai simbol kesucian dan kebersamaan.
Berbeda dengan peringatan HUT Tanah Bumbu sebelumnya, tahun ini hari jadi dilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1443 H. Diawali pembacaan sejarah terbentuknya Kabupaten Tanah Bumbu oleh anggota DPRD Tanbu,Said Ismail kholil Alydrus.
Bupati Tanah Bumbu, abah Zairullah Azhar memimpin langsung pembacaan shalawat dan tahlil seraya mengajak para tamu undangan memanjaatkan do’a untuk kemaslahatan bersama dan kemajuan daerah.
Mengenakan pakaian serba putih, para tamu undangan mengikuti seluruh rangkaian acara yang diisi dengan pembacaan shalawa dan tahlil serta penyampaian tausiyah jelang buka puasa oleh Ketua MUI Tanah Bumbu, KH Suhuful Amri.
Bupati Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki landasan pembangunan yang tercantum dalam moto daerah yakni Bersujud yang merupakan cita cita Tanah Bumbu yang memiliki makna dan filosofi kehidupan.
” Ada 4 filosofi dalam moto Bersujud itu yakni Bersih Syukur Jujur dan Damai,” kata bupati.
Empat filosofi tersebut lanjut bupati merupakan landasan pembangunan Tanah Bumbu yang menjadi cita cita daerah menuju Serambi Madinah.
Kebersihan, menurut bupati akan menjadi daya tarik dan simbol kesucian, Syukur memiliki makna mensyukuri apa yng telah dititipkan Allah Swt  hanya untuk kemaslahatan umat sehingga semakin tinggi jabatan semakin besar pengabdian kepada masyarakat.
“Sementara kejujuran akan meningkatkan harkat dan martabat kita dan Damai menciptakan rasa aman dan damai ditengah masyarakat,” kata bupati.
Dengan landasan hidup tersebut kata bupati akan memberikan kecerdasan dan kekuatan ilahiyah baik kepada penyelenggara pemerintahan maupun masyarakat menuju Serambi Madinah.
“Kenapa Serambi Madinah,sebab Madinah adalah kota peradaban,kota ilmu pengetahuan dan juga kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukul tinggi,” imbuhnya.
Dalam kesempatan ini bupati kembali memaparkan pencapaian pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu serta langkah langkah strategis yang tengah dilaksanakan untuk memulihkan ekonomi daerah pasca pandemi Cocid-19.
” Dalam beberapa waktu dekat ini, kita akan kedatangan Tim Pusat yang akan melakukan  verifikasi terkait pembangunan bendungan Kusan, jika nanti bendungan ini terwujud maka Tanah Bumbu akan memiliki prospek daerah yang besar baik sektor ekonomi,pariwisata dan lainnya,” bebernya.
Dengan dibangunnya bendungan itu kata bupati maka akan memberikan dampak multisektor serta akan menjadi sumber baru pendapatan daerah.
” Tidak hanya pengairan tapi juga 100 Megawatt listrik ini bisa dihasilkan, ini akan kita jual ke daerah daerah sekitar Tanah Bumbu bahkan sampai ke Kalimantan Timur khususnya di Ibukota Negara Nusantara. Inilah bentuk kontribusi kita untuk IKN yang telah dicanangkan oleh presiden Jokiwidodo,”pungkas bupati.
Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melalui Sekda Prov Kalsel,Roy Rizali Anwar menyampaikan,selamat kepada Kabupaten Tanah Bumbu yang telah berusia 19 tahun.
” Atas nama pribadi dan Pemerintah Peovinsi Kalimantan Selatan saya menyampaikan selamat hari jadi ke 19 kabupaten Tanah Bumbu,” ujarnya.
Roy menyampaikan,Pemerintah provinsi sangat mengapresiasi hasil hasil pembangunan 19 tahun Tanah Bumbu sehingga menjadi daerah yang semakin tumbuh dan berkembang.
Momentum hari jadi ini menjadi energi positif untuk mendorong kesejahteran partisipasi masyarakat Tanah Bumbu.
“Peringatan hari jadi ke-19 Tanah Bumbu bertepatan dengan bulan suci Ramdhan yang memilki makna kebesamaan. Dengan kebersamaan ini akan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah,” tandasnya.
Lebih jauh Roy mengatakan,dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan partislapasi masyarakat dirinya yakin tanah bumbu akan menjadi daerah yang semakin maju sesuai tema hari jadi ke19 yakni Tanah Bumbu menuju serambi Madinah mewujudkan sumber daya manusia produktif cinta quran dan berakhlakul karimah.
Usai memberikan sambutan Sekda Prov menyerahkan bantuan dari Pemerintah provinsi untuk pembangunan masjid kepada tiga masjid di Tanah Bumbu.
Dalam kesempatan ini juga diserahkan sejumlah hadiah lomba desa dan santunan kepada anak yatim yang diserahkan langsung oleh bupati Tanah Bumbu.
Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah yang disampaikan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanah Bumbu KH Suhuful Amri.
Puncak peringatan hari jadi ke-19 Tanah Bumbu diakhiri dengan pelaksanaan buka puasa bersama dan shalat maghrib berjamah dilanjutkan dengan shalat taraweh. (Wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here