PT BIB Raih Penghargaan Good Mining Practices dari Kementerian ESDM

0
116

Jakarta – PT Borneo Indo Bara (BIB) menerima penghargaan Good Mining Practices dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai Badan Usaha Pertambangan dan Badan Usaha Jasa Pertambangan yang telah melaksanakan Good Mining Practices.
Penganugerahan penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2021.
Acara penghargaan dibuka langsung oleh Menteri ESDM Bapak Arifin Tasrif melalui zoom meeting dan Dirjen Minerba Bapak Ridwan Djamaluddin,yang berlangsung di Hotel Bidakara,Jakarta (29/10/21)
Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Borneo Indo Bara Riadi Simka Pinem,mengapresiasi penghargaan yang diterima PT BIB yang merupakan apresiasi Pemerintah pusat dalam menjaga keselamatan para pelakunya dan menjaga lingkungan dalam jangka panjang.
Penghargaan-penghargaan ini diberikan kepada badan usaha pertambangan yang telah menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik dan sebagai pendorong serta pemberi motivasi untuk dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya dalam pengelolaan Teknis Pertambangan, Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara, serta Pengelolaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara
Disebutkan,Good mining practices ini sesungguhnya adalah upaya kita mempertanggungjawabkan kegiatan insan-insan pertambangan kepada public.
 
Sebagai informasi, Penyerahan Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Jadi Pertambangan ke-76 yang jatuh pada 28 September 2021 lalu. 
Acara penghargaan ini sebagai bukti pertanggungjawaban perusahaan pertambangan kepada publik bahwa kegiatan pertambangan ini adalah industri yang harus dikelola sebaik-baiknya untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya.
Sebagaimana diatur didalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara mengamanatkan lima prinsip dasar area pengelolaan subsektor pertambangan mineral dan batubara nasional, yakni pertumbuhan ekonomi, ketahanan energi, tidak terjadinya kelangkaan sumber daya, pencegahan degradasi lingkungan, dan pembangunan yang berkelanjutan.
 
Pada event Penghargaan Good Mining Practices tahun 2021 ini PT BIB mendapatkan beberapa penghargaan antara lain;
1. Trophy sebagai perusahaan yang terbaik dari peraih piagam aditama Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara.
2. Piagam Aditama untuk aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan untuk Kelompok Badan Usaha Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara.
3. Piagam Utama untuk aspek Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara untuk Kelompok Badan Usaha Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara.
4. Piagam Utama untuk aspek n Pengelolaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara untuk Kelompok Badan Usaha Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara. (Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here