PT BIB Berikan Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Ibu Ibu Rumah Tangga.

0
139
Batulicin,Wtol – Puluhan ibu rumah tangga dari 6 Desa di Kecamatan Angsana mengikuti pelatihan pemanfaatan sampah plastik rumah tangga yang digelar PT Borneo Indo Bara (BIB) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Angsana,Jum’at (27/9/19) pagi.
Pelatihan tersebut di buka oleh Camat Angsana Wahono,kegiatan ini bertujuan agar para ibu rumah tangga dapat memanfaatkan sampah plastik Rumah Tangga yang ada dirumah.
Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan tersebut umumnya mereka adalah para Ibu ibu TP PKK dari 6 Desa yakni Desa Makmur, Desa Bunati, Desa Angsana, Desa MekarJaya dan Desa Karang Indah serta Desa Banjarsari.
“Kegiatan pelatihan ini dalam rangka mengurangi pencemaran lingkungan yang dihasilkan dari sampah plastik rumah tangga,” terang Silvyna Aditia, Community Involvement Development Department Head PT Borneo Indobara.
Baca Juga : Ribuan Jamaah Hadiri Tabligh Akbar Bersama Ustadz Das’ad Latief Yang Digelar PT BIB
Baca Juga : PT BIB dan Pemkab Bahas Pengelolaan Puskesmas Sebamban II Angsana.
Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap kepedulian lingkungan, utamanya lingkungan kerja diarea ring 1 yang bebas dari sampah plastik.
“Pelatihan ini salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik baik dari rumah tangga maupun dari konsumerisme,”imbuhnya.
Ia menambahkan, selain pelatihan keterampilan pemanfaatan sampah plastik bagi ibu rumah tangga tersebut,pihaknya juga memberikan edukasi kepada para pelajar sekolah akan bahaya sampah plastik bagi lingkungan.
” Sebagai generasi muda, pelajar juga perlu tahu bahwa sampah plastik berbeda dengan sampah umumnya,plastik adalah sampah yang sulit terurai, karena itu sejak dini kampanye tentang sampah plasik ini harus mereka ketahui,”pungkasnya.
Sementara itu Camat Angsana,Wahono saat membuka pelatihan ini mengatakan menyambut baik dilaksanaknnya kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat,selain mampu mengurangi produksi sampah plastik dikawasan ini juga memiliki nilai ekonomis dengan menghasilkan produk rumah tangga berbahan sampah plastik.
” Para ibu ibu rumah tangga bisa memanfaatkan sampah plastik yang ada di sekitar untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomis sehingga bisa menambah penghasilan keluarga,” ujarnya
Dalam kesempatan ini, camat juga menghimbau kepada para peserta untuk mengurangi penggunaan kantongan plastik dalam aktifitas sehari hari dan menggunakan wadah alternatif sepeti travel bag dan semacamnya yang bisa digunakan berulang ulang.
Pada pelatihan ini para peserta diajarkan membuat produk rumah tangga seperti tas belanja,tempat tissu,taplak meja dan produk rumah tangga lain yang bahannya dari sampah plastik seperti bekas kemasan minuman,permen,kemasan detergen dan sampah plastik lainnya. Nara sumber dan pemateri adalah ibu Nita Katrina, salah satu narasumber CSR Corporate PT. Borneo Indobara
Baca Juga : Aksi Donor Darah Karyawan PT BIB,Target 250 Kantong Darah
Meskipun sebagian peserta mengaku masih agak sulit membuat produk yang diajarkan namun peserta dengan semangat merangkai satu demi satu bahan yang telah dibentuk sebelumnya.
” Ya mungkin karena baru pertama jadi agak sulit tapi kalau nanti sudah terbiasa pasti lebih mudah,”ungkap salah satu peserta pelatihan.
Melalui pelatihan pemanfaatan sampah plastik tersebut diharapkan mampu mengurangi jumlah produksi sampah plastik dan meminimalisir dampak lingkungan dari sampah plastik serta mendatangkan nilai ekonomis keluarga dengan produksi barang rumah tangga berbahan sampah palstik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here