(Video) PT BIB Bangun Akses Air Bersih Warga Desa Sebamban Baru,Tanah Bumbu

0
75
Batulicin,WTol – Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Borneo Indo Bara (BIB) berupa penyediaan akses air bersih khususnya di Kecamatan Sungai Loban,Tanah Bumbu dibangun di 4 desa ,yakni di Desa Sebamban lama,Desa Sebamban Baru,Desa Sumber baru dan Desa banjarsari dengan total 1020 Sambungan Rumah (SR).
Senior Manager CSR & External Relations PT. BIB,Dindin Makinuddin,dalam laporannya pada peresmian program ini,Kamis (18/7/19) menyampaikan,peresmian program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ini merupakan dua bidang dari delapan bidang yang dilaksanakan melalui dana CSR PT BIB.
“Untuk Desa Sebamban baru Sungai Loban ini,PT BIB menyalurkan sebanyak 85 sambungan baru bagi rumah warga ,sehingga dari jumlah keseluruhn 612 KK,sebanyak 175 KK sudah mendapatkan akses air bersih yang memadai,dan sisanya 437( data Pamsimas 2018)  KKmaish membtuthkan dukungan untuk akses air bersih tersebut,’jelas Dindin.
Program penyediaan sarana air bersih tersebut menurut Dindin dalam rangka mendukung program pemerintah tentang konsep universal Program Seratus Kosong Seratus (100 0 100), yaitu 100% akses air bersih, 0% kawasan kumuh dan 100% akses sanitasi.
Selain dibidang kesehatan, program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dibidang perekonomian masyarakat,juga dilakukan dengan mendirikan pusat pembelajaran masyarakat yang salah satunya akan dikoneksikan dengan program pariwisata daerah,ini untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri sesuai komitemen perusahaan
“Saat ini kita juga telah melakukan kerjasama dengan IPB dalam hal Community Learning Centre khususnya kegiatan paska tambang,dimana ini merupakan pusat pelatihan bagi masyarakat,disana nanti akan pelatihan pertanian,perikanan ataupun juga peternakan yang sesuai dengan karakter maupun potensi desa tersebut, dan ini bisa dimanfaatkan bagi seluruh masyarakat,’imbuhnya
Kepala Desa Sebamban baru,Syaifullah,mengatakan, pihaknya atas nama warga desa Sebamban baru sangat berterima kasih kepada pihak PT BIB atas telah dibangunnya sarana air bersih dan sanitasi di wilayahnya.
“Kami berharap dengan dibangunnya akses air bersih bagi masyarakat ini,warga semkain mudah mendaptkan air bersih,kami berharap program ini akan berlanjut bagi warga lain di RT yang lain,sehingga masyarakat bisa menikmati saran air bersih ini,”jelas Syaifulah.
Bupati H Sudian Noor melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Andi Aminuddin menyampaikan apresiasinya atas Program Pembangunan Ruang Kelas dan Program Pembangunan Sarana Air Bersih yang dilaksanakan PT BIB di Desa Sebamban Baru.
Karena menurut Bupati, penyediaan sarana dasar air bersih dan infrastruktur sekolah merupakan hal penting dan strategis, dan menjadi komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan air bersih dan mutu pendidikan dalam mencetak generasi cerdas berkualitas.
“Oleh karenanya, melalui kesempatan yang baik ini, kami tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, khususnya kepada PT. BIB, yang telah berkontribusi dalam pembangunan Sarana Dasar Air Bersih dan Infrastruktur Sekolah ini,” sampainya.
Selanjutnya Bupati juga berharap, peran serta semua pihak, baik pemerintah, swasta dan seluruh elemen masyarakat di daerah untuk saling bersinergi mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pemeliharaan sarana dasar air bersih dan infrastruktur sekolah dengan orientasi pada pemberdayaan masyarakat.
“Sehingga masyarakat bisa secara mandiri meningkatkan pelayanan akses air bersih dan infrastruktur sekolah secara berkelanjutan di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.
Bupati juga berpesan kepada semua pihak yang hadir agar terlibat dalam menjaga serta merawat sarana dan prasarana yang sudah dibangun, sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan oleh masyarakat.

wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here