Program YESS, Pemkab Tanbu Fasilitasi Generasi Muda Sukses Bertani

0
147
Batulicin – Untuk meningkatkan minat generasi muda untuk berkecimpung di dunia pertanian,Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pertanian
mengajak kaum muda didaerah ini bergabung dalam program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS)
Program ini sendiri dibangun oleh Kementerian Pertanian bekerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) sejak 2019 lalu yang bertujuan melahirkan wirausaha milenial di bidang pertanian.
“Program YESS di Tanah Bumbu tidak saja dalam hal pengembangan di hulu tetapi juga pengembangan di hilir, karena ketika melakukan pengembangan hingga ke hilir maka hal tersebut mendapat peningkatan nilai dari suatu produk,” terang Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Faurazi Akbar melalui Tenaga Penyuluh Pertanian, Afif Kurniawan belum lama tadi
Program YESS di Indonesia lanjutnya,hanya melibatkan 4 provinsi terpilih yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.
Di Kalimantan Selatan sendiri terdapat 3 kabupaten yakni Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu dan Tanah Laut.
Lebih lanjut Afid menjelaskan, bagian hulu merupakan bagian produksi, sementara dibagian hilir menjadi pengembangan nilai suatu produk untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Sejumlah hasil yang telah terbuti dalam program ini di Tanah Bumbu diantaranya produksi pupuk kompos dan hidroponik juga ada pengemasan beras.
Hal serupa diterbitkan di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang yakni budidaya tanaman multikultural dan beberapa produk sayuran.
Program YESS sendiri menyediakan fasilitas bagi pemuda Tanah Bumbu untuk turut bergabung di dalamnya.
Zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here