Program PPM PT BIB, Nelayan Nikmati Hasil Rumpon Ikan

0
170
Batulicin,Wartatanbu.co.id –PT Borneo Indo Bara (BIB) berkolaborasi dengan nelayan Desa Angsana dan Bunati Tanah Bumbu membangun habitat ekosistem laut melalui pembuatan rumpon atau rumah ikan.
Pembuatan rumpon tersebut merupakan salah satu Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) melalui CSR PT Borneo Indo Bara dibidang perikanan.
Senior Manager CSR & Eksternal PT Borneo Indo Bara, Dindin Makinudin, mengungkapkan, pembuatan rumpon ini merupakan kolaborasi antara CSR PT BIB dengan nelayan di dua desa binaan yakni Desa Angsana dan Bunati Tanah Bumbu.
“Sampai saat ini sudah ada 126 rumpon ikan dari target 500 rumpon ikan yang dibuat oleh nelayan di dua desa tersebut dengan didampingi oleh PT BIB,” terangnya.
Dindin menambahkan, dalam pembuatan rumpon ini PT BIB juga telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan (DLH) Tanah Bumbu, serta Dinas Kelautan & perikanan Provinsi Kalimantan Selatan.
Menariknya, rumpon ikan yang dibuat sebagian besar memanfaatkan barang bekas seperti ban bekas yang dilubangi,dimana material ban bekas tersebut juga hasil kolaborasi PT BIB dengan mitra kerja
Pemanenan rumpon ikan tersebut tidak dalam waktu bersamaan, karena bedanya waktu melabuhkan dilaut.
“Masing-masing rumpon baru bisa dipanen setelah berusia 3-6 bulan dilabuhkan,” imbuhnya.
Pemasangan rumpon ikan telah menngkatkan hasil panen yang telah dilakukan tercatat sudah 1.318 kgyang didapat oleh nelayan di kedua desa tersebut.
Untuk memantau perkembangan rumpon, CSR PT BIB juga rutin memonitor rumpon-rumpon ikan yang telah dilabuhkan tersebut secara regular dengan bantuan team ERT BIB untuk menyelam dan mendokumetasikan rumpon setelah 3-6 bulan yang dilabuhkan dilaut.
“Hasil panen tersebut ada yang dijual, ada yang dikonsumsi sendiri serta dibuat produk-produk olahan turunan yang menjadi income tambahan bagi para ibu-ibu rumah tangga yang memanfaatkan hasil panen,” tambah Dindin.
Kedepan tambahnya,PT BIB juga saat ini telah menginiasi untuk pembuatan mini Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di desa angsana.
“Harapan kami disana nanti bisa menjadi pasar ikan segar hasil tangkapan dan juga menjadi pembesaran hasil tangkapan yang masih kecil,” pungkasnya.
Saat ini proses pembuatan mini TPI tersebut telah dikoordinasikan ke pihak dinas terkait dan sedang penyusunan desain & RAB (Rencana Anggaran Belanja). Sehingga diharapkan pada kuartal 1 tahun 2022 sudah mulai berjalan.
Untuk pengembangan lokasi rumpon PT BIB juga dalam proses pendirian koperasi nelayan di kedua desa, sehingga Kedepannya ada beberapa titik rumpon akan dibuka untuk pemancingan umum yang dikelola oleh koperasi nelayan tersebut dibawah monitor desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here