Posyandu Widuri Sambut Tim Verifikasi Lapangan Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel

0
117
Batulicin –  Tim Penilai Lomba Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengunjungi Posyandu Widuri,Desa Ringkit Kecamatan Kuranji,Tanah Bumbu.
Kunjungan itu dalam rangka melakukan verifikasi lapangan terhadap Posyandu Widuri,Sabtu (2/10/21)
Ketua Tim Penilai Lomba, Nurul Ahdani menyampaikan verifikasi lapangan diperlukan untuk menyesuikan data-data dan informasi di lapangan sesuai penilaian yang dilakukan secara daring atau virtual beberpa waktu lalu.
“Kabupaten Tanah Bumbu telah beberapa kali mengikuti kegiatan lomba dan pernah mewakili Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat Nasional,” ujarnya
Ia berharap, Posyandu Widuri Kecamatan Kuranji Ini juga bisa menjadi yang terbaik di lomba tingkat provinsi dan menjadi wakil untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.
“Keberhasilan semua ini merupakan kerjasama yang baik dari semua pihak dan unsur, dari pemerintah daerah, kecamatan, pemerintah desa dan para kader,” imbuhnya
Camat Kuranji Muhammad Amin, SP saat menyambut rombongan Tim penilai mengapresisi pelaksanaan lomba Posyandu ini.
Menurutnya, lomba ini sangat relevan dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, maupun untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan.
“Masalah kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam masyarakat sekaligus menjadi variabel untuk mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” ujar Camat
Ia mengatakan,dukungan peningkatan layanan kesehatan khususnya Posyandu terus ditingkatkan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.
“Bahwa dalam APBDesa telah dilakukan pemberian porsi yang cukup untuk pembinaan masyarakat dan kesehatan masyarakat,” tandasnya
Lanjutnya, di tahun 2021 Desa Ringkit Kecamatan Kuranji, khusus di bidang kesehatan, dianggarkan lebih dari Rp 200 juta, baik untuk pembangunan infrastruktur penunjang kesehatan, alat-alat kesehatan, penunjang pelaksanaan posyandu sampai dengan pemberian insentif bagi para kadernya.
“Posyandu adalah salah satu program yang memiliki peran besar dalam memantau tumbuh kembang anak, serta kesehatan mereka, sehingga dapat mencegah penyakit pada anak seperti stunting dan gizi buruk,”
Aminuddin berharap, melalui lomba ini mampu meningkatkan pelayanan Posyandu yang lebih prima di desa, jumlah partisipasi masyarakat serta pelaksanaan program kesehatan di tiap-tiap keluarga akan semakin baik.
” Kita berharap Posyandu Widuri Desa Ringkit akan membawa nama harum Kecamatan Kuranji khususnya dan Kabupaten Tanah Bumbu pada umumnya ditingkat provinsi bahkan tingkat nasional,” tutupnya
Kunjungan rombongan tim penilai Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel di Tanah Bumbu disambut TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Pokjanal Kabupaten, Petugas Dinas Kesehatan, Pegawai Dinas PMD, Camat Kuranji, TP PKK Kecamatan, Pokjanal Kecamatan, Lintas Sektor Kecamatan Kuranji, Kepala Desa dan unsur-unsur terkait lainnya di Gedung Seni Budaya dan Olahraga Desa Ringkit.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here