Ponpes Syarif Ali Angsana Akan Jadi Ikon Kota Santri di Tanah Bumbu

0
99
Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar bersama Ketua Yayasan Syarif Ali, H Sayid Umar Al Idrus dan Perwakilan PT BIB. (Foto : Alam)
Batulicin – Pembangunan Pondok pesantren Syarif Ali di Desa Angsana Kecamatan Angsana Tanah Bumbu, resmi dimulai setelah dilakukan peletakan batu pertama oleh Bupati Tanah Bumbu,HM Zairullah Azhar, Kamis (30/12/21).
Tahap awal pembangunan Pondok pesantren Syarif Ali merupakan persembahan PT BIB melalui program CSR perusahaan dibidang pendidikan ditargetkan akan rampung dalam dua tahun mendatang.
Ketua Yayasan Syarif Ali, H Sayid Umar Al Idrus mengatakan, pondok pesantren berkonsep entrpeneur ini akan berdiri di atas lahan seluas 12 hektar. Dimana bangunan utama pondok akan menempati 1,6 hektar lahan sementara 10 hektar akan di gunakan sebagai daya dukung pemberdayaan kegiatan ekonomi pesantren.
” Harapan kita dengan berdirinya pesantren ini semakin menambah kesempatan bagi anak anak kita mendalami agama sehingga menjadi generasi berkualitas,” terang H Sayid Umar Al Idrus selaku Ketua Yayasan Syarif Ali
Ia menyebut, luas lahan pesantren yang mencapai 12 hektar tersebut sangat mendukung pesantren ini menjadi terbesar di Tanah Bumbu bahkan di Kalimantan Selatan.
“Daya dukung pesantren mampu menampung hingga 1000 lebih santri,cita cita kita disini akan menjadi kota santri,” terangnya kepada awak media.
Tidak hanya itu, berdirinya ponpes ini nantinya akan menjadi ikon baru di Tanah bumbu.

Terkait pengelolaan dan manajemen pesantren, yayasan Syarif telah bekerjasama dengan sejumlah pihak baik para alumni hadarmaut maupun Ponpes Dalwa Jawa Timur.
” Alhamdulillah, untuk tenaga pengajar kita sudah ada beberapa alumni hadramaut yang siap mengabdikan diri. Kemudian untuk manajemn dan pengelolaan pesantren nanti kita akan bekerjasama dengan Ponpes Dalwa Jawa Timur,” tambahnya.
Baca JugaPeletakan Batu Pertama Pesantren Entrepreneur PT BIB, Cetak Santri Berjiwa Mandiri

Dirinya optimis dengan dukungan seluruh pihak baik PT Borneo Indo Bara, Pemerintah daerah dan masyarakat mampu mewujudkan pesantren ini.

” Mudah mudahan dalam tiga tahun kedepan kita sudah bisa buka pendaftaran santri baru,” tambahnya.
Sebelumnya, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar saat melakukan peletakan batu pertama menyambut baik pembangunan ponpes ini.
Menurut bupati, hadirnya ponpes ini sangat sejalan dengan pilar program pembangunan Tanah Bumbu yakni membangun sumber daya manusis yang berkualitas.
Selain itu, ponpes ini juga menjadi salah satu upaya bersama mewujudkan Tanah Bumbi sebagai kota serambi Madinah. (Wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here