Polres Tanbu Tahan Oknum Kades Dugaan Penyelewengan Dana Desa

0
148
Batulicin,wartatanbu.co.id – Satreskrim Polres Tanah Bumbu melakukan penanganan oknum Kepala desa (Kades) dikecamatan Kusan Hilir terkait dugaan tindak pidana korupsi penyelewengan dana desa.
Penahanan oknum Kades berinisial AA (45 tahun) diduga melakukan tindak penyalahgunaan Dana Desa (APBN) dalam pekerjaan pembuatan jalan baru di RT.002 Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2016.
“Tersangka ditahan 20 hari kedepan karena telah cukup bukti untuk dilakukan penahanan,”terang Kasi Humas Polres Tanbu,AKP I Made Rasa,Senin (18/7/22).
Tersangka merupakan kepada desa Baru gelang periode 2013 -2019 dan periode 2019 – 2025.
Tersangka diduga menggunakan anggaran dana desa untuk keperluan pribadi dengan modus membuat dokumen fiktif, melakukan mark up dan melakukan persesuaian antara laporan pertanggungjawaban keuangan dengan rencana anggaran biaya.
Selanjutnya dilakukan proses penyidikan lebih lanjut dengan memanggil selaku tersangka tanggal 11 Juli dan dipenahanan terhadap tersangka teritung mulai tanggal 12 Juli 2022 s/d 20 hari kedepan.
Polisi juga saat ini masih melakukan penulusuran aset aset tersangka yang diduga dari hasil kejahatan tindak pidana korupsi tersebut.
Penyidikan perkara tindak pidana korupsi Sat Reskrim Polres Tanah Bumbu terkait Penyalahgunaan Dana Desa (APBN) Pada Pekerjaan pembuatan jalan baru di RT.002 Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2016 dengan total Anggaran yang pergunakan untuk kegiatan sebesar Rp.538.468.020,-
Berdasarkan laporan hasil perhitungan kerugian keuangan (PKKN) negara dari Inspektorat Kabupaten Tanah Bumbu (APIP) ditemukan kerugian senilai Rp.225.224.090,- (relres).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here