PMM di Tanbu, Mahasiswa UMM Berikan Edukasi Kesehatan Diri Masyarakat

0
110
Batulicin,wartatanbu.co.id – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMM) bertajuk Bhaktiku Negeri di Kabupaten Tanah Bumbu.
PMM mahasiswa jurusan Psikologi Fakultas Psikologi UMM dilaksanakan dengan memberikan pendampingan kepada masyarakat di Desa Sumber Wangi, Kecamatan Karang Bintang,Tanah Bumbu, Desember 2020 lalu.
Adapun bentuk edukasi yang diberikan yakni pengetahuan mengenai Psikoedukasi Kesadaran pentingnya menjaga Kesehatan Diri.
Program yang diusung adalah Psikoedukasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan cara psikologi pada anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) terkait kesehatan diri dan bagaimana menjaga kesehatan tubuh.
Kegiatan diawali dengan pengenalan dan penjelasan mengenai apa itu kesahatan diri dan bagaimana menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
Psikoedukasi selanjutnya yaitu materi tentang bagaimana kesehatan diri yang seharusnya dilakukan. Antusias anak-anak TPQ Sumber Wangi sangat meriah, ada 69 anak yang ikut hadir pada kegiatan tersebut.
Materi yang disampaikan berupa gambaran umum mengenai apa itu kebersihan diri, dan mengapa hal ini sangat penting.
Dijelaskan, beberapa tips menjaga kebersihan diri dan susunan makan dengan 4 gizi sehat 5 sempurna, selain itu juga diadakan demo cara mencuci tangan dan menyikat gigi dengan benar kepada anak-anak TPA Desa Sumber Wangi.
Kegiatan Psikoedukasi telah mampu memberi kesadaran warga akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Kegiatan pengabdian dari mahasiswa untuk masyarakat (PMM) dikelola oleh Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM).
Program yang digagas oleh mahasiswa Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi UMM ini dikoordinator oleh Nor Masitah dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Nur Hayatin, S.ST., M.Kom.
Adapun team dari kelompok 15 terdiri dari : Muhammad Firman Hari Prabowo, Adamayora, Kirana Dyah Yogasafitri, dan Mareta Ninda Shafyra yang mana mereka merupakan mahasiswa aktif Psikologi UMM.
Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here