Plt Kadiscapil Tanbu : Dokumen KK, Akte dan KTP-El Tidak Perlu Dilegalisir

0
156
Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kab.Tanah Bumbu, Gento Hariyadi menyampaikan sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 104 Tahun 2019 terkait keperluan legalisir.
Batulicin,Wartatanbu.co.id – Semua dokumen Administrasi Kependudukan (adminduk) yang sudah menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE) termasuk KTP Elektronik sudah tidak perlu lagi dilegalisir.
Hal tersebut seiring terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 104 Tahun 2019.
“Permendagri nomor 104 tahun 2019 itu menyebutkan bahwa dokumen kependudukan yang sudah ditandatangani secara elektronik, tidak lagi memerlukan legalisir,” terang Plt. Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi.
Dengan demikian lanjutnya, dokumen yang dikeluarkan dari Disdukpencapil yang telah menggunakan tanda tangan elektronik maka tidak perlu lagi meminta legalisir ketika dibutuhkan untuk hal tertentu karena telah memiliki keabsahan yang tinggi.
Namun, terkait legalisir tersebut masih terdapat lembaga yang belum mengerti fungsi tanda tangan elektronik, sehingga tetap meminta legalisir.
“Jika dokumen tersebut masih menggunakan tanda tangan manual maka tetap perlu dilakukan legalisir,” tambah Gento.
Untuk menyampaikan hal itu pihaknya melaksanakan sosialisasi terkait tanda tangan elektronik sehingga dapat digunakan sesuai fungsinya secara kelesuruhan oleh lembaga tertentu dalam hal kebutuhan legalisir.
Selain itu juga dijelaskannya, upaya sosialisasi dilakukan pada lembaga POLRI atau TNI ketika melakukan penerimaan anggota POLRI atau TNI yang baru, dimana akan meminta legalisir.
Maka kesempatan itu dimanfaatkan Disdukpencapil untuk memberikan sosialisasi terkait Permendagri nomor 104 tahun 2019.  Untuk mengecek keaslian dokumen kependudukan cukup dengan melakukan scan QR Barcode dengan aplikasi Very DS.Aplikasi Very DS dapat diunduh dari Google PlayStore. (Zd/wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here